Gejala Penyakit Asam Urat yang Harus Segera Diobati

Gejala Khas Asam UratPenyakit asam urat adalah salah satu jenis rematik dan dalam dunia medisnya lebih dikenal dengan istilah gout. Penyakit asam urat atau gout ini bisa terjadi ketika kristal natrium urat yang diproduksi oleh tubuh terbentuk di dalam sendi.

Gejala penyakit asam urat yang paling umum seperti rasa sakit yang parah pada sendi dan datang secara tiba-tiba yang disertai dengan pembengkakan dan kemerahan pada sendi yang terserang asam urat.

Gejala asam urat ini sering dirasakan dimalam hari tetapi pada sebagian individu bisa merasakan gejala asam urat ini setiap saat.
Gejala Penyakit asam urat yang paling umum terjadi pada penderitanya seperti yang kita lihat dibawah ini:

• Pembengkakan atau inflamasi di dalam dan sekitar sendi yang terkena
• Warna kemerahan mengkilat pada area sendi yang terkena
• Kulit didaerah sendi akan mengelupas setelah peradangan penurun.

Rasa sakit yang intens karena asam urat ini membuat penderitanya kesulitan untuk bergerak atau berjalan bahkan jika tersentuh apapun rasanya sangat menyakitkan.

Gejala bisa ini muncul pada bagia manapun pada persendian kita namun sekitar 70% orang dengan serangan pertama asam urat ini terjadi pada jempol kaki dengan merasakan nyeri yang luar biasa. Rasa nyeri ini juga bisa dirasakan pada pergelangan kaki, lutut, jari, pergelangan tangan, siku dan beberapa sendi kita lainnya.

Meskipun serangan asam urat tidak dapat dipastikan namun gejala dapat berkembang dengan cepat selama beberapa jam dan biasanya berlangsung selama 3-10 hari dan setelah itu sendi akan mulai terasa normal kembali dimana rasa sakit atau ketidaknyamanan pada sendi kita akan menghilang dengan sendirinya.

Meskipun gejala asam urat ini mereda dengan sendirinya tanpa diberikan pengobatan padanya namun serangan ini akan hadir pada beberapa waktu kemudian.

Gejala asam urat akan muncul lagi pada beberapa minggu atau beberapa bulan berikutnya dan hanya sekitar 62 % penderita mengalami serangan berulang dalam rentang waktu satu tahun.

Jika gejala asam urat ini anda rasakan maka segeralah mencari pengobatannya sebelum parah. Atau anda segera menghubungi medis untuk mendapatkan saran yang terbaik untuk mengatasinya. Bahkan gejala ini harus memerlukan pengobatan dokter jika anda sendi anda mengalami suhu tinggi di atas 38°C yang disertai dengan nyeri sendi dan pembengkakan yang parah karena dikhawatirkan sendi anda mengalami infeksi (septic arthritis).