5 Ciri-Ciri Kulit Sensitive

Penyebab Kulit SensitifCiri-ciri kulit sensitive tentu sangat berbeda dengan jenis kulit normal namun perbedaan kondisi kulit ini sering kali kita abaikan utamanya saat menerapkan kosmetika padanya. Padahal dengan sembarang menerapkan kosmetika pada kulit yang sensitive ini akan merusak keindahan kulit kita sendiri.

Mungkin tidak semua orang mengerti akan jenis kulit mereka, apakah tergolong jenis kulit sensitive atau tidak. Sebenarnya sebelum memilih kosmetika sangat disarankan untuk mengetahui jenis kulit kita yang kemudian kita sesuaikan dengan produk kosmetika yang akan kita beli.

Ciri-ciri kulit yang sensitive sebenarnya sangat mudah diketahui melalui beberapa karakter yang bisa kita lihat dan rasakan langsung pada kulit, utamanya saat bersentuhan dengan benda lain pada kulit kita.

Beberapa ciri khas kulit sensitive yang bisa membenarkan dugaan tentang jenis kulit kita, dapat kita lihat seperti dibawah ini.

5 Ciri-ciri kulit sensitive

• Cepat bereaksi negatif terhadap sebagian besar produk perawatan kulit
• Cepat bereaksi terhadap tekanan, gesekan maupun pijatan dengan warna kemerahan pada permukaan kulit.
• Sering mengalami iritasi terhadap beberapa bahan kimia yang ringan, panas sinar matahari dan paparan AC.
• Tekstur kulit sangat tipis dan halus sehingga urat atau pembuluh darah sangat jelas terlihat.
• Kulit sering mengalami rasa perih atau gatal jika terkena deterjen ataupun kosmetika yang non herbal bahkan bisa menimbulkan alergi dan iritasi.

Penyebab utama terjadinya kulit yang sensitive dalam dunia medis mengolompokkan menjadi dua penyebab utama.
Penyebab terjadinya kulit sensitive yang pertama adalah pengaruh epidermis yang sensitive dan sangat mudah mengalami kerusakan fungsi bariernya. Fenomena ini menyebabkan kulit mudah mengalami dehidrasi dan segala hal-hal yang berpotensi menyebabkan iritan pada kulit sangat mudah menembus lapisan epidermis.

Penyebab terjadinya kulit sensitive yang kedua adalah ketika jaringan kulit tertentu sangat reaktif untuk memproduksi system pertahanan alami kulit jika sedang mengalami pengaruh radikal bebas yang dikombinasikan dengan sekresi sitokin abnormal yang berlebihan sehingga dapat mempengaruhi sel-sel lainnya. Hal ini juga menyebabkan peningkatan produksi molekul pro inflamasi.

Demikianlah ciri-ciri kulit sensitive dan mengapa kulit bisa menjadi sangat sensitive yang mungkin bisa menjadi informasi tambahan bagi yang belum memahami tentang jenis kulit mereka.

Nah bagi individu yang memiliki jenis kulit sensitive ini perlu berhati-hati saat menggunakan kosmetika yang non herbal atau kosmetika yang tidak mencantumkan informasi tentang cocok tidaknya produk tersebut untuk kulit sensitive.