Penyebab Demam Rematik dan Komplikasinya

Bahaya Demam Rematik Penyebab demam rematik dan komplikasinya bisa saja terjadi ketika tubuh terinfeksi bakteri Streptococcus pyogenes dan tidak diobati atau mendapatkan perawatan yang benar. Oleh karenanya,  jangan remehkan bakteri yang satu ini karena kerusakan yang ditimbulkannya bisa bersifat permanen.

Meskipun hubungan antara infeksi Streptococcus pyogenes dan demam rematik belum bisa dipastikan secara jelas tetapi berat dugaannya bahwa bakteri memainkan trik pada sistem kekebalan tubuh.

Bakteri Streptococcus pyogenes mengandung protein yang mirip dengan yang ditemukan pada jaringan tubuh tertentu sehingga sel-sel sistem kekebalan tubuh yang biasanya akan menargetkan bakteri tersebut khususnya pada jaringan jantung, sendi, kulit dan sistem saraf pusat. Dan hasil reaksi dari sistem kekebalan tubuh ini mengakibatkan terjadinya peradangan.

Jika anak yang terserang bakteri ini menerima pengobatan demam rematik yang tepat dan lengkap dengan menggunakan antibiotic ( dengan kata lain bahwa telah mengkonsumsi semua dosis obat yang diresepkan ) maka kecil kemungkinan anak mengembangkan demam rematik. Atau jika anak memiliki satu atau lebih episode radang tenggorokan atau demam berdarah yang tidak diobati atau tidak diobati sama sekali besar kemungkinan anak akan mengembangkan demam rematik .

Umumnya peradangan yang disebabkan oleh demam rematik dapat berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Dalam beberapa kasus, peradangan dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang.

Beberapa komplikasi yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan permanen akibat demam rematik ini seperti:

Penyakit jantung rematik

Penyakit jantung rematik adalah kerusakan permanen pada jantung yang disebabkan oleh peradangan demam rematik . Masalah yang paling umum terjadi adalah pada katup antara dua ruang jantung kiri (katup mitral) yaitu ventrikel kiri dan atrium kiri, sehingga kerusakan dapat mengakibatkan salah satu dari beberapa kondisi berikut:

– Stenosis katup yaitu penyempitan katup yang yang menyebabkan aliran darah menurun..
– Regurgitasi katup yaitu kebocoran pada katup yang memungkinkan darah mengalir ke arah yang salah .
– Kerusakan otot jantung adalah peradangan yang terkait dengan demam rematik yang dapat melemahkan otot jantung sehingga melemahkan fungsi pemompaan darah dijantung kita.

Kerusakan pada katup mitral
Kerusakan pada katup mitra, katup jantung lain atau jaringan jantung lainnya dapat menyebabkan masalah dengan jantung di kemudian hari. Kondisi yang dihasilkan dapat mencakup :

– Fibrilasi atrium yaitu detak yang tidak teratur dari ruang atas jantung ( atrium )
– Gagal jantung yang terjadi karena ketidakmampuan jantung untuk memompa darah yang cukup untuk tubuh.

Seperti pada beberapa penyakit lainnya, penyebab demam rematik ini karena bakteri Streptococcus pyogenes yang dalam dunia medisnya bakteri dikelompokkan dalam  Streptococcus grup A yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada jantung kita. Dengan kata lain bahwa bahaya demam rematik ini tidak hanya merusak organ jantung saja tetapi juga turut mempengaruhi kesehatan sel-sek tubuh lainnya.