Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Menjaga kesehatan organ penglihatan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jantung. Sayangnya, tidak semua orang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata.

Sebenarnya tidaklah sulit menjaga kesehatan mata. Cukup hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak mata dan menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyehatkan mata.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Bagaimana cara merawat mata agar bisa tetap sehat? Nah, berikut ini adalah sejumlah tips dan cara untuk menjaga kesehatan mata yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah:

Bersihkan Areal Mata

Cara yang pertama dalam menjaga kesehatan mata adalah dengan membersihkan mata. Daerah sekitar mata harus sering dibersihkan apalagi jika kamu sudah ingin tidur.

Stop Penggunaan Daun Sirih

Jangan bersihkan bagian dalam mata dengan menggunakan air dari rebusan daun sirih karena belum terbukti secara klinis.

Stop Mengucek Mata

Jangan pernah mengucek mata meskipun dalam keadaan gatal karena bisa jadi tangan kamu mengandung kuman yang dapat menyakiti mata. Karena tangan belum tentu bersih sebaiknya gunakan air atau obat tetes mata untuk mata kamu.

Lindungi Mata dengan Kaca Mata Hitam

Gunakan kaca mata hitam agar terhindar dari sinar ultraviolet. Beberapa penyakit yang menyerang mata seperti katarak, kanker dan penurunan fungsi retina bisa disebabkan oleh paparan sinar ultra violet.

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Selain itu, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan seperti wortel. Kandungan betakaroten yang tinggi pada wortel dapan menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi macula.

Jangan Biarkan Mata Bekerja Terlalu Lelah

Jangan lupa juga bahwa mata perlu istirahat, apalagi jika sering digunakan untuk melihat layar computer. Agar terhindar dari rasa sakit, istirhatkan mata kamu dan jangan terus menerus bekerja.

Jangan Keseringan Menggunakan Obat Tetes Mata

Selanjutnya dalam penggunaan obat tetes mata. Pengunaan yang berlebihan tentu dapat merusak kesehatan mata. Gunakan obat tetes mata sesekali saja, misalnya ketika bola mata sedang merah.

Agar mata kamu tetap sehat, periksakan mata kamu secara teratur. Hal ini sangat penting untuk menjaga mata apabila terkena penyakit seperti katarak, degenarasi macula dan glaucoma.

Hindari Melihat Cahaya yang Silau

Agar mata tidak rusak, jangan melihat cahaya yang terlalu terang. Apalagi jika melihat cahaya tersebut secara langsung, misalnya cahaya sinar matahari. Tak hanya cahanya yang terang, cahaya redup juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Apalagi jika digunakan untku membaca. Mata akan menjadi tegang jika membacay dalam cahaya lampu yang redup. Jika mata terasa lelah, istirahatlah untuk sementara waktu.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan softlens jika kamu menggunakan softlens. Ganti secara rutin softlens kamu, maksimal seminggu agar tidak mengotori mata kamu.

Gunakan Mentimun

Tips yang terakhir dalam menjaga kesehatan mata adalah dengan menggunakan kacamata dan mentimun. Pakai kacamata jika sedang berada di tempat yang memiliki partikel udara yang berbaha atau yang terdapat bahan-bahan kimia. Adapun mentimun bisa kamu gunakan untuk mengompres mata.

Irisan timun yang lembut dan dingin bisa ditaruh di atas kelopak mata sebelum tidur selama 10  menit. Tips ini bermanfaat agar mata tidak bengkak. Konsumsi juga makanan yang mengandung Lutein dan Zeaxanthin.

Dua serangkai ini akan bahu membahu menjaga kesehatan mata. Sumber lutein bisa didapatkan dari sayur bayam, kangkung, lobak, selada, kacang polong, kol, wortel, telur rebus dan buah kiwi. Kemudian, untuk kandungan zeaxanthin, bisa didapat dari kunyit, paprika dan spirulina.