Cara Merawat Kuku Panjang

Cara Merawat Kuku PanjangKuku yang panjang dan indah tentu menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wanita. Kuku panjang akan membuat tangan wanita nampak lebih panjang dan indah.

Saat ini, banyak wanita yang sengaja memanjangkan kukunya agar terlihat lebih cantik. Walaupun demikian, memanjangkan kuku juga memerlukan perawatan yang ekstra.

Jika kuku panjang tidak terawat dan kotor, hal ini tentu justru akan membuat tangan menjadi terlihat jelek. Untuk menjaga keindahan kuku panjang, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips dan cara merawat kuku panjang agar selalu terlihat cantik dan menawan:

Minyak Zaitun

Kuku yang panjang sangat rentan untuk patah. Anda tentu tidak ingin jika sudah susah-susah memanjangkan kuku tiba-tiba kuku Anda patah karena melakukan aktivitas tertentu.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan perawatan agar kuku menjadi lebih keras dan tidak mudah patah.  Untuk mengeraskan kuku, Anda bisa merendam kuku Anda dalam minyak zaitun hangat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal rendam kuku selama 15 menit dua hari sekali.

Petroleum Jelly

Kuku yang panjang tentu tidak akan terlihat indah jika tidak berkilau. Agar kilau alami kuku tetap terjaga, Anda bisa menggunakan petroleum jelly.

Caranya siapkan petroleum jelly dan kain katun yang lembut. Oleskan petroleum jelly tersebut pada kuku menggunakan kain katun. Lakukan cara ini setiap malam. Hasilnya, kuku panjang Anda menjadi berkilau dan lebih menarik.

Vitamin B

Kuku yang panjang biasanya mudah rapuh. Untuk merawat kuku panjang yang mudah rapuh, Anda dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi vitamin B, khususnya vitamin B5.

Makanan yang banyak mengandung vitamin B5 adalah alpukat, brokoli, pisang, wortel, asparagus, apel, kubis, labu, jagung, biji bunga matahari, telur, hati, ikan salmon, dan kacang-kacangan.

Memakai Nail Polish

Selain mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B5, kuku yang rapuh juga bisa disiasati dengan menggunakan nail polish atau cat kuku. Nail polish pada kuku yang mudah rapuh cukup efektif untuk membantu mencegah kuku yang pecah sehingga kuku panjang Anda tetap terjaga dengan baik.

Beri Waktu  Kuku Beristirahat

Jika Anda biasanya memakai nail polish untuk mempercantik penampilan kuku panjang Anda, beri waktu kuku untuk beristirahat sejenak. Biarkan kuku panjang Anda tanpa memakai nail polish selama beberapa hari. Hal ini cukup efektif untuk mencegah agar kuku tidak berwarna kuning. Beri jeda secara berkala.

Jangan Menghilangkan Kutikula Kuku

Banyak wanita yang sengaja menghilangkan kutikula kuku dengan berbagai alasan. Padahal mengilangkan kutikula pada kuku bukan ide yang baik karena hal ini bisa membuat kuku menjadi mudah terkena infeksi. Anda sebaiknya memakai minyak kutikula berkualitas untuk menjaga kutikula dan dorong kembali kutikula secara lembut dengan menggunakan stik orangewood.

Bawang Putih

Jika Anda memiliki kuku panjang yang mudah rapuh dan patah, Anda juga bisa menggunakan bawang putih untuk merawat kuku panjang Anda yaitu dengan cara mengoleskan bawang putih pada kuku. Setelah kuku diolesi dengan bawang putih, usap kuku dengan mengggunakan handuk hangat.

Jeruk Nipis

Agar kuku menjadi sehat dan terlihat berkilau, Anda dapat memanfaat jeruk nipis. Untuk menggunakan jeruk nipis, peras dua buah jeruk nipis. Campurkan sari jeruk nipis tersebut dengan air hangat.

Setelah itu, rendam kuku Anda pada air hangat tersebut selama beberapa menit. Kemudian, keringkan kuku dengan sapu tangan atau handuk. Lakukan tips ini secara teratur agar kemilau kuku tetap terjaga dengan baik dan terlihat indah.