6 Cara Mudah Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Cara Mengatasi Pembengkakan Kaki saat HamilMengatasi kaki bengkak saat hamil untuk membuat kenyamanan saat menjalani hari-hari kehamilan ibu. Kehadiran kaki bengkak ini sendiri biasanya sebagian wanita merasa kaget, khawatir dan was-was ketika melihat kondisi kaki mereka yang membengkak.

Kaki bengkak saat hamil ini sendiri dalam dunia medisnya dikenal dengan istilah edema dan merupakan hal yang alami dan biasa terjadi pada ibu hamil.
Pada wanita hamil umumnya sering mengalami pembengkakan pada kaki mereka utamanya saat memasuki usia kehamilan pada trisemester ketiga. Pada kondisi pembengkakan kaki ini biasanya disertai dengan rasa nyeri sehingga sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil sendiri.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi kaki bengkak saat hamil, mungkin kita akan menyinggung sedikit apa sesungguhnya penyebab pembengkakan kaki (edema) ini dan mengapa hal ini sering terjadi pada ibu hamil.

Peningkatan produksi cairan saat menjalani kehamilan merupakan penyebab dari dari edema ini, terlebih lagi jika seorang ibu hamil kurang melakukan gerakan (kurang gerak). Penyebab lain dari edema pada ibu hamil juga disebabkan karena terjadinya tekanan atau penekanan pada pembuluh darah vena seiring dengan semakin membesarnya rahim yang terus menekan vena.

Penyebab kaki bengkak saat hamil seperti beberapa penyebab lainnya seperti:
• Preeklamsia atau eklamsia
• Kelembaban di udara
• Kekurangan kalium dalam diet
• Terlalu banyak garam / sodium dalam diet
• Tingginya kadar asupan kafein, dll.

Walaupun edema (pembengkakan kaki) yang terjadi saat hamil akan sembuh dengan sendirinya beberapa hari setelah proses persalinan namun pembengkakan ini cukup mengganggu kenyamanan ibu hamil sendiri.

Nah, untuk mengatasi edema ini, berikut ini cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa anda coba dirumah demi kenyaman anda sendiri dalam melewati hari-hari kehamilan anda.

1. Cara Kompres
Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang paling umum dilakukan adalah dengan cara mengompres kaki edema tersebut dengan air dingin.Hal tersebut akan membuat kelancaran peredaran darah diwilyah pembengkakan sehingga bisa menekan pembengkakan bahkan dapat membuat ibu hamil merasa nyaman.

2. Posisi duduk yang Benar
Posisi duduk yang salah saat hamil dapat memicu edema hadir lebih cepat. Bahkan bisa menambah ketidaknyamanan saat ibu hamil sedang mengalami pembengkakan kaki.
Jangan menyilangkan kaki atau menekuk kaki saat duduk, apalagi jika anda mengambil duduk dalam jangka waktu lama. Cara duduk yang tepat saat hamil yaitu dengan mengupayakan posisi kaki selalu lebih tinggi dari posisi jantung sendiri agar peredaran darah dikaki tetap lancar.

3. Posisi Tidur.
Demikian pula halnya saat tidur, usahakan posisi kaki tetap lebih tinggi dari posisi jantung agar menjaga peredaran darah dikaki tetap lancar.

4. Hindari Asupan Garam yang Berlebihan
Hal lain yang mesti diperhatikan adalah jangan berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam karena hal ini turut memperparah pembengkakan kaki saat hamil.

5. Senam Kehamilan
Sebagai saran terbaik untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil lainnya yaitu rutin menjalani program senam kehamilan atau melakukan rendaman kaki pada kolam renang.

6. Hindari Duduk yang Lama
Berdiri atau duduk yang lama pada posisi yang tetap dapat memperparah pembengkakan pada kaki saat hamil. Oleh karena itu sangat disarangkan bagi ibu hamil agar tidak selalu berdiam diri tanpa ada gerakan-gerakan tubuh tertentu lainnya.