Amnesia Anterograde dan Cara Menyembuhkannya

Penyebab Amnesia Antegrade Jangan remehkan trauma apapun disekitar kepala anda karena bisa menyebabkan amnesia anterograde, meskipun Amnesia antegrade ini tidak hanya disebabkan oleh satu atau dua penyebab saja tetapi bisa dipengaruhi beberapa faktor.

Pengertian Amnesia anterograde menurut medis yaitu suatu kejadian di mana hilangnya memori atau ketidakmampuan untuk mengingat informasi baru secara permanen setelah peristiwa traumatis terjadi namun masih dapat mengingat informasi lama. Dengan kata lain bahwa pada individu yang mengalami amnesia antegrade cenderung masih memiliki kecerdasan yang sama sebelum trauma ini terjadi.

Secara garis besarnya, penyebab amnesia anterograde dapat digolongkan kedalam dua peneybab utama yaitu penyebab organik dan fungsional.
Penyebab amnesia anterograde karena faktor organic bisa terjadi karena kerusakan pada otak, pengaruh alcohol dan obat jenis tertentu maupun karena faktor penyakit bisa menyebabkan kerusakan otak secara permanen. Sementara amnesia anterograde fungsional terjadi sangat berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang.

Amnesia anterograde juga bisa disebabkan ketika beberapa orang menjalani operasi otak . Misalnya, kadang-kadang penghapusan tumor eradicates bagian otak terkait dengan sirkuit memori seperti lobus temporal (tempat menginput informasi terbaru). Demikian pula halnyya dengan cedera otak yang mengakibatkan kerusakan pada hippocampus, forniks atau mammillary tubuh juga dapat menyebabkan gangguan ini.

Untungnya Amnesia anterograde biasanya dapat disembuhkan namun bentuk dan jenis pengobatannya bervariasi tergantung pada penyebab awal gangguan ini. Ada banyak metode rehabilitasi kognitif yang dapat diterapkan untuk mengatasi penderitanya.

Jika alkohol adalah penyebab, maka dukungan emosional, nutrisi yang tepat dan menghindarkan penderita dari alkohol adalah metode terbaik untuk mencegah kerusakan memori lebih lanjut.

Jika amnesia disebabkan oleh gegar otak atau otak cedera , istirahat dan latihan memori terkadang dapat bermanfaat untuk memperbaiki cedera ini. Sementara anterograde yang terjadi karena trauma emosional atau psikis biasanya bisa dipulihkan dengan terapi khusus padanya.

Sementara beberapa orang dengan amnesia anterograde akan bisa sembuh dengan sendirinya atau setelah mendapatkan sedikit perawatan. Namun pada beberapa kasus yang ireversibel, amnesia anterograde bersifat permanen.

Amnesia anterograde merupakan gangguan memori yang sangat serius dan dapat mempengaruhi perubahan hidup secara permanen. Oleh karenanya pada individu yang sedang atau pernah menderita gangguan ini meskipun sudah pulih kembali sangat penting untuk mencari perhatian medis untuk memastikan bahwa apakah gangguan amnesia anterograde ini benar-benar sudah pulih atau belum.