8 Manfaat Diet Serat untuk Kesehatan Kita

Manfaat Makanan yang Berserat  TinggiManfaat sering mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi akan memberikan pengaruh positif pada kesehatan kita. Bahkan pada individu yang melakukan diet serat akan mendapatkan dirinya selalu dalam kondisi fit dan bugar.

Manfaat diet berserat pada kesehatan seperti dapat meningkatkan kinerja dan fungsi organ tubuh kita. Dan pada beberapa penelitian terbaru mengungkapkan bahwa dengan secara rutin mengkonsumsi serat dalam jumlah yang tepat bisa mencegah berbagai penyakit pada system organ tubuh kita.

Serat ini sendiri bisa kita temukan pada beberapa jenis buah, sayuran dan biji-bijian. Pada beberapa orang mungkin memperolehnya melalui suplemen serat. Dan bagi anda yang penasaran manfaat serat ini, Berikut ini adalah 8 manfaat diet serat untuk kesehatan yang sempat dirangkum dunia medis seperti:

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Beberapa penelitian menemukan bahwa asupan serat yang tinggi , 5 porsi buah dan sayuran per hari dapat mencegah penyakit jantung.

2. Pencegahan Kanker
Penelitian telah menunjukkan bahwa serat dapat memperlancar buang air besar sehingga hal ini dapat berpengaruh positif pada usus dan mencegah terjadinya pembentukan sel kanker pada usus besar kita.

3. Menurunkan Kolesterol
Serat berperan penting untuk mengikat kolesterol selama proses pencernaan dan mencegah LDL ini terserap dan bercampur dalam aliran darah yang bisa menyumbat pada pembuluh darah arteri.

4 . Batu empedu dan Pencegahan Batu Ginjal.
Serat diketahui untuk mencegah sejumlah besar insulin memasuki aliran darah selama proses pencernaan , yang merupakan kontributor utama penciptaan batu empedu dan batu ginjal.

5. Menyehatkan Kulit
Serat sangat penting dalam membersihkan tubuh dari toksin yang secara langsung mempengaruhi kesehatan kulit kita. Dengan rutin mengkonsumsi serat setiap hari akan memudahkan pengeluaran racun dari usus kita. Seperti kita ketahui pula bahwa racun dapat mempengaruhi seluruh tubuh utamanya pada kesehatan kulit. Kulit yang sehat merupakan hasil dari aliran darah yang baik ketika racun dibersihkan dari sistem pencernaan kita.

6. Mencegah Stroke
Studi menunjukkan bahwa peningkatan serat dalam diet menurunkan risiko stroke . Menurut American Heart Association , sebanyak 25 gram serat yang harus dikonsumsi setiap hari bisa mencegah tubuh dari gangguan stroke.

7. Menurunkan berat badan
Makan biji-bijian, buah dan sayuran yang kaya serat menyebabkan tubuh cepat merasa kenyang dan memperlambat rasa lapar sehingga dapat mencegah obesitas, menurunkan berat badan dan mengurangi timbunan lemak.

8. Meringankan Diabetes
Buah dan sayuran dapat membantu mengatur jumlah keseimbangan gula darah yang merupakan kunci dalam mencegah diabetes. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat bisa menurunkan kadar gula darah.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang kaya serat setiap harinya dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan serta bisa mencegah penyakit yang akan menyerang organ-organ tubuh kita.