Makanan yang Wajib Dihindari Saat Hamil

Makanan yang Berbahaya untuk Ibu HamilMakanan yang wajib dihindari saat hamil untuk kalangan ibu yang pernah melewati masa ini mungkin bukan informasi yang baru lagi tapi bagi wanita yang baru pertamakalinya hamil mungkin saja menjadi informasi yang menarik dan penting untuk diketahui.

Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan makanan yang sangat dibutuhkan janin tentunya dapat memberikan pengaruh positif pada kesehatan dan perkembangan janin. Demikian pula sebaliknya, sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang dilarang oleh medis untuk dikonsumsi saat menjalani kehamilan bisa berpengaruh buruk pada kesehatan janin dan ibu hamil sendiri.

Kurangnya pengetahuan mengenai makanan yang dianjurkan dan dilarang untuk dikonsumsi saat menjalani masa kehamilan menyebabkan resiko peningkatan keguguran pada janin, lahir premature, lahir cacat bahkan kematian janin beberapa saat setelah terlahir.

Untuk ibu hamil sendiri, sering mengkonsumsi makanan yang dipantang oleh ibu hamil dapat berpengaruh pada penurunan kesehatan pada ibu hamil bahkan bisa menyebabkan kesulitan saat persalinan.

Nah bagi kaum ibu yang baru pertama kalinya menjalani masa kehamilan tersebut dan ingin janin anda tumbuh sehat dan normal sebaiknya hindari pantangan makanan bagi ibu hamil seperti dibawah ini.

Pantangan Makanan pada Ibu Hamil yang Wajib Dihindari

• Ikan dengan kadar merkuri yang tinggi

Terlepas dari kandungan omega-3nya yang cukup tinggi, ikan dari laut seperti ikan salmon, udang, kepiting, kerang- kerangan biasanya mengandung tinggi merkuri. Paparan merkuri bisa berakibat buruk pada kesehatan janin dalam kandungan. Sebaliknya, cobalah untuk beralih ke jenis ikan lain yang kurang beresiko terpapar bahan kimia bermurkuri ini.

• Makanan yang Kurang Matang
Hindari mengkonsumsi ikan ataupun daging yang belum matang benar untuk menghindari kemungkinan pertumbuhan bakteri atau mikroba parasit lainnya.

• Telur mentah
Hindari mengkonsumsi segala jenis telur yang tidak direbus untuk menghindari bahaya bakteri salmonella yang sangat membahayakan kesehatan janin kita.

• Kafein dan alkohol
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dan alcohol sangat erat hubungannya dengan kelahiran prematur, keguguran dan bayi dengan berat badan lahir rendah. Hindari kafein dalam trimester pertama anda.

Jika anda ingin mengkonsumsi kafein sebaiknya pada trimester kedua dan ketiga anda dengan catatan tidak melebihi dari 200 mg perharinya. Tapi untuk lebih baiknya hindari sama sekali minuman yang mengandung kafein apalagi yang namanya alkohol.

Sebenarnya masih sangat banyak jenis makanan dan minuman yang menjadi pantangan pada ibu hamil yang belum disebutkan diatas, namun beberapa pantangan diatas adalah paling umum dikonsumsi oleh ibu hamil.