4 Bahan Alami untuk Mengatasi Hati Berlemak

Obat Alami Hati BerlemakMengatasi hati berlemak selain dengan pengobatan medis juga bisa dengan menggunakan ramuan herbal alami. Menggunakan ramuan alami yang direkomendasikan dunia medis dalam mengatasi hati berlemak tersebut yang memungkinkan penderita bisa mengatasi gangguan hati ini.

Namun sebelum membahas tentang cara mengatasi hati berlemak tersebut mungkin tak ada salahnya jika menyinggung sedikit tentang apa sesungguhnya hati berlemak ini, apa penyebabnya, bagaimana gejalanya dan apa bahayanya bagi kesehatan kita.

Hati berlemak merupakan kondisi dimana hati kita mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh berbagai faktor penyebab. Penyebab utama hati berlemak tersebut bisa dipicu karena banyaknya makanan yang dianggap toksin oleh tubuh, kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, pengaruh diabetes, obesitas, sering mengkonsumsi alcohol, minuman bersoda dan beberapa pemicu lainnya.

Dengan melihat kerusakan yang ditimbulkan maka perlunya penanganan secara dini jika gejalanya kita rasakan sebelum berkembang menjadi hati berlemak yang parah untuk lebih memudahkan kita untuk menyembuhkannya.

Nah salah satu cara mengatasi hati berlemak ini yaitu dengan rajin mengkonsumsi beberapa bahan alami seperti dibawah ini.

4 Bahan Alami untuk Mengatasi Hati Berlemak

1. Konsumsi bawang putih
Hati merupakan penghasil empedu yang berperan penting sebagai pemecah lemak yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Namun dengan penimbunan lemak pada hati menyebabkan penurunan produksi empedu yang pada akhirnya menyebabkan lemak pada hati semakin meningkat.
Untungnya dengan kandungan senyawa sulfur pada pawing putih mampu menstimulasi produksi empedu dan sekaligus untuk membersihkan lemak dalam hati kita.

2. Makan kunyit
Salah satu bahan alami yang bisa memecah lemak atau bersifat lipotropic yaitu kunyit. Dengan sering mengkonsumsi kunyit melalui bumbu makanan yang kita konsumsi setiap harinya dapat mengurangi timbunan lemak pada organ hati. Selain itu, hampir semua studi menunjukkan bahwa senyawa curcuminoid yang terkandung dalam kunyit ini dapat memicu aliran empedu dalam menguras timbunan lemak yang ada dalam lever kita.

3. Omega-3
Sebuah studi di Italia baru-baru ini menemukan bahwa sering mengkosumsi suplemen asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kinerja hati dalam memproduksi lemak yang disebut trigliserida.
Lemak sehat ini berfungsi dalam mengaktifkan enzim hati untuk mempercepat pelepasan timbunan lemak menjadi energi. Dan dosis yang dianjurkan untuk suplemen Omega-3 tidak melebihi 1000mg dalam setiap harinya.

4. Makan dari berry dan bean
Beberapa makanan seperti roti putih dan snack olahan yang mengandung karbohidrat glycemic tinggi dapat meningkatkan lemak hati sampai 2 kali lipat. Karbohidrat glycemic merupakan karbohidrat yang paling cepat dimetabolisme menjadi gula sederhana (glukosa) sehingga tubuh lalu meresponnya dengan mengeluarkan insulin untuk menstabilkan gula. Namun sayangnya peningkatan hormon ini juga memberikan respon pada pada hati untuk untuk menimbun lemak.

Jadi solusinya yaitu dengan memanggang berry dan bean ini sebelum dikonsumsi bisa mencegah lonjakan insulin. Selain itu, kandungan seratnya juga bisa membersihkan lemak dan toksin dan mengeluarkannya kesaluran pencernaan kita sehingga mengurangi timbunan lemak pada hati.