6 Cara Alami Mencegah Katarak

Obat Katarak MataSelain cara medis, cara alami mencegah katarak yang masih dalam tahapan gejala bisa ditempuh dengan menerapkan pola hidup sehat dan diet yang tepat. Selain itu kita juga bisa mencoba beberapa ramuan herbal alami yang khusus untuk mengatasi masalah katarak mata.

Gejala katarak sendiri ditandai dengan pandangan semakin kabur hanya dalam waktu singkat, pandangan kabur layaknya seperti melihat dalam asap dan menderita miopi (rabun jauh).

Olehnya itu jika gejala katarak muncul segera cegah dengan ramuan alami sambil memeriksakan kesehatan mata anda secara berkala pada dokter mata yang terpercaya karena pada gejala katarak yang tidak segera diobati bisa menyebabkan glukoma dan kebutaan permanen.

Pencegahan katarak dengan teknik non bedah bisa dijadikan sebagai jalan alternative dan pendekatan preventif agar gejala tidak berkembang lebih lanjut.

Penyebab katarak tidak hanya disebabkan karena faktor usia, tetapi juga bisa disebabkan karena trauma mada, pengaruh Diabetes, sering terpapar cahaya yang sangat menyilaukan, efek negative dari obat kimia tertentu, kurangnya nutrisi untuk mata maupun karena faktor keturunan atau genetika.

Terlepas dari faktor penyebab terjadinya katarak diatas, Jika beberapa gejala katarak diatas juga sedang anda alami dan bermaksud mencari Ramuan untuk mencegah katarak agar tidak berkembang lebih lanjut, berikut ini ada beberapa saran yang mungkin bisa mengatasi gejala-gejala katarak seperti yang terangkum  dalam 6 Cara Alami Mencegah Katarak seperti:

1. Hindari makanan cepat saji atau makanan yang mengandung lemak jenuh , gula dan jumlah tinggi sodium. Makanan yang disarankan adalah makanan yang kaya akan magnesium seperti pada kerang, biji-bijian, telur dan sayuran hijau. Fungsi magnesium pada mata yang mengalami gejala katarak yaitu meningkatkan kesehatan darah dan fungsi otot.

2. Minum 1 cangkir teh hijau setiap pagi karena serat yang terdapat pada teh hijau bertindak sebagai antioksidan dan bisa meningkatkan fungsi otot.

3. Sering mengkonsumsi ekstrak bilberry bisa mengatasi gejala katarak karena ekstrak Bilberry adalah ramuan kuat tinggi flavonoid , tanin dan anthocyanidins yang bekerja sama untuk membantu melawan infeksi, memperlancar aliran darah pada mata, memperkuat otot-otot mata dan membantu lensa mata untuk beradaptasi dengan perubahan cahaya.

4. Minum segelas jus wortel setelah makan siang bisa membantu mencegah perkembangan gejala menjadi lebih parah. Jus wortel mengandung beta karoten yang membantu tubuh memproduksi vitamin A.

5. Meningkatkan konsumsi bayam atau sayuran dari rumput laut sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata dan memperlancar aliran darah.

6. Kunyit dan jahe bersifat antioksidan kuat anti peradangan serta mampu menekan perkembangan lebih lanjut pada mata katarak.

Jadi untuk mencegah penyakit katarak yang masih dalam tahap gejala, kita bisa memasukkan beberapa bahan diatas sebagai bahan konsumsi prioritas selama pencegahan pada gejala katarak yang terjadi.