Cara Mengubah Posisi Bayi Sungsang yang Aman

Penyebab Lahir Sungsang Cara mengubah posisi bayi sungsang yang aman sebelum proses persalinan merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui baik oleh tenaga medis maupun bagi ibu-ibu yang sedang menjalani kehamilan mereka demi memudahkan proses persalinan mereka kelak.

Bahkan cara mengubah posisi bayi sungsang menjadi sebelum proses persalinan ini juga wajib diketahui oleh dukun-dukun kampong yang biasa membantu ibu hamil dalam proses persalinan tersebut.

Posisi bayi sungsang saat proses persalinan sangat rentan dengan kematian ibu bayi dan bayi sendiri jika tidak ditangani sesegera mungkin.
Posisi bayi yang sungsang saat proses persalinan juga sangat beresiko terhadap bayi dan bisa menyebabkan bayi lahir dalam kondisi cacat. Dan bayi sungsang ini sendiri paling sering terjadi pada persalinan premature.

Oleh karena itu, bagi ibu yang sedang menjalani masa kehamilan sebaiknya selalu memeriksakan diri kandungan secara pada dokter keluarga anda untuk mengetahui kondisi kesehatan anda dan bayi anda, termasuk dalam hal ini mengenai posisi janin dalam kandungan anda.

Perlu kita ketahui pula bahwa posisi bayi setiap saat bisa berubah, hal ini dikarenakan oleh kondisi bayi sendiri yang dalam kandungan seperti ikan berenang didalam air dan bisa berputar kesegala posisi.

Penyebab posisi sungsang ini secara pastinya masih belum pasti juga tapi menurut ilmu medis bisa disebabkan karena kelebihan cairan ketuban (hidramnion), posisi palasenta yang rendah, anomaly rahim, ataupun karena gangguan mioma.

Nah untuk memudahkan proses persalinan pada letak bayi yang sungsang maka tak ada cara lain yang ditempuh adalah dengan proses bedah yang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu pada posisi bayi yang sungsang sangat disarankan bagi ibu hamil yang ingin proses persalinannya normal dan lancer untuk memperbaiki posisi dan letak bayinya.

Berikut ini adalah Cara mengubah posisi bayi sungsang sebelum proses persalinan yang aman dan yang mungkin bisa membantu kaum ibu yang sedang menjalani masa kehamilannya dengan beberapa cara seperti:

Cara relaksasi hypnobirthing1. Cara relaksasi hypnobirthing

Cara relaksasi hypnobirthing ini yaitu dengan berkomunikasi dengan bayi anda dengan mintanya untuk berubah posisi sembari memvisualisasikan bayi mengubah posisinya dengan kepala bayi berada sangat dalam masuk ke jauh dibawah panggul anda.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini sesering mungkin.

Headstand untuk ibu hamil2. Headstand yoga

Yoga Headstand ini sebaiknya tidak dilakukan seorang diri dan untuk ibu yang menderita hipertensi atau anemia dilarang untuk melakukan headstand ini.

Manfaat yoga headstand sebenarnya tidak hanya untuk mengubah letak dan posisi bayi sungsang saja, tetapi juga bermanfaat untuk menciptakan efek cahaya pada kulit wajah kita, mencegah pertumbuhan uban serta bisa menambah gairah berintim pada pria dan wanita.

penyinaran3. Bantuan penyinaran

Cara merubah posisi bayi sungsang dapat dilakukan penyoroton lampu senter pada perut ibu hamil yang dimulai dari puncak rahim lalu berkahir hingga kebagian tulang kemaluan dengan gerakan penyinaran yang perlahan-lahan.

Hal ini sebaiknya dicoba dalam posisi tubuh menyamping (tidur menyamping).

Sebenarnya cara mengubah posisi bayi sungsang sebelum proses persalinan sangat banyak metodenya, namun ketiga cara diatas merupakan cara termudah yang mungkin dapat anda lakukan saat ini.