Cara Mengatasi Kelelahan, Kram dan Edema Selama Kehamilan

Jenis Gangguan Selama KehamilanGangguan ketidak nyamanan dalam kehamilan bisa sangat menyakitkan dan tergantung dari kesiapan ibu hamil dan ada tidaknya pengaruh lain yang menyertainya.

Beberapa jenis ketidaknyamanan yang umumnya dialami selama kehamilan  seperti rasa mual, dan nyeri punggung selama kehamilan telah dijelaskan dalam pembahasan mengenai Cara Mengurangi Rasa Nyeri Punggung Selama Kehamilan.

Bentuk ketidak nyamanan lainnya seperti sembelit, heartburn, pembengkakan anggota tubuh dan kelelahan serta bagaimana cara mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya, dapat anda lihat pembahasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Sembelit, Kelelahan, Kram dan Edema Selama Kehamilan

 Sembelit
Sindrom iritasi di perut adalah hal yang juga sering terjadi pada ibu hamil, namun sayangnya hal ini sulit untuk dihindari
Sambelit bisa terjadi karena gerakan usus melambat karena peningkatan hormon progesteron selama kehamilan. Ironisnya, hormon progesteron ini juga memungkinkan peningkatan penyerapan nutrisi oleh tubuh.
Suplemen zat besi sangat penting untuk ibu hamil namun hal ini juga dapat menyebabkan sembelit. Muntah yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk sembelit.
Apa yang dapat Anda lakukan:
* Minum enam sampai delapan gelas air, selain asupan cairan lainnya.
* Mengkonsumsi suplemen serat atas saran dokter anda.
* Lebih banyak sayuran dan buah-buahan mentah. Diet vegetarian adalah cara yang baik untuk memerangi sembelit.
* Non-vegetarian dan diet protein tinggi dapat memperburuk sembelit. Kurangi asupan ini sampai masalah sambelit anda dapat diatasi.
* Latihan ringan seperti perjalan dapat membantu pencernaan dan mengurangi sembelit.
* Jangan mengobati diri dengan obat pencahar selama kehamilan.

Heartburn (rasa panas didada)

Sensasi panas di dada hingga tenggorokan juga terkadang dapat dialami selama kehamilan utamanya menjelang tahap akhir kehamilan. Pada tahap akhir kehamilan ini, perut didorong ke atas dan ini memperburuk heartburn.
Mengalami perut kosong dalam waktu yang lama dapat meningkatkan kadar asam, buang air besar lebih lambat dan juga dapat menyebabkan keasaman dilambung dan mulas.

Apa yang dapat Anda lakukan:
– Jangan cepat berbaring sehabis makan setidaknya setengah jam setelah makan.

– Sering-sering makan makanan ringan.

– Hindari makanan yang memperburuk keasaman, seperti makanan pedas atau makanan berminyak.

Diskusikan masalah anda selama konsultasi pada dokter kandungan anda dan meminta antasida jika perlu.

Pembengkakan bagian anggota tubuh
Pembengkakan bagian anggota tubuh seperti tangan, wajah, kaki dan mata kaki. Pembengkakan selama kehamilan ini dikenal dengan edema.
Edema ini cenderung memburuk buruk selama trimester ketiga kehamilan.
Hal ini terjadi karena karena retensi kelebihan air yang dipicu oleh hormon. Tapi penyebab lainnya bisa karena hipertensi kehamilan diinduksi dan masalah pada jantung.
Apa yang harus dilakukan:
– Duduklah dengan meluruskan kaki anda kedepan dan jangan melipatnya atau menggantungkan kaki disaat duduk dikursi
– Hindari tidur terlentang selama akhir kehamilan.
– Minum air yang cukup.

Kram kehamilan
Kram juga sering terjadi selama kehamilan hal ini terjadi karena tonjolan rahim yang dapat membuat tekanan pada otot perut bagian. Penyebab lainnya seperti kontraksi Brackston Hick (kontraksi palsu).
Jangan mengabaikan kram sama sekali karena kram juga bisa menandakan gejala serius seperti keguguran atau persalinan prematur. Kadang-kadang, kram juga bisa disebabkan oleh gangguan usus atau infeksi saluran kemih.
Hal perlu anda lakukan tidak lain segera konsultasi pada dokter kandungan anda.

Kelelahan
Kelelahan sangat erat kaitannya selama kehamilan dan biasanya sangat memburuk selama trimester pertama dan ketiga tapi hanya untuk beberapa saat (sewaktu-waktu saja).
Kelelahan ini terjadi karena tubuh menerima beban yang lebih berat dari sebelumnya dan tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk kebutuhan anda dan janin anda sehingga organ tubuh bekerja lebih ekstra lagi.

Apa yang harus anda lakukan dengan rasa lelah ini?
– Istirahatadalah satu-satunya hal untuk melawan kelelahan.
– Diet seimbang dapat memicu lebih banyak energi untuk menyeimbangkan kebutuhan tubuh dan bayi yang sedang tumbuh
 – Tidur setidaknya delapan jam
 – Hindari berjalan jarak jauh tanpa diselingi dengan istrahat.
Kehamilan yang dikehendaki akan membuat anda sangat bahagia tentunya. Namun dibalik kebahagiaan itu, anda bisa merasakan beberapa ketidak nyamanan selama kehamilan.

 Gangguan selama menjalani hari-hari kehamilan seperti Edema (pembengkakan anggota tubuh, kram dan selalu merasa lelah sepanjang hari dapat diringankan dengan beberapa perlakuan yang tepat.

Semoga  Cara Mengatasi Kelelahan, Kram dan Edema Selama Kehamilan diatas dapat bermanfaat dalam mengurangi rasa ketidaknyamanan anda.