6 Efek Negatif Minuman Bersoda pada Kesehatan

Bahaya Dibalik Minuman BersodaTahukah anda efek negative dari minuman yang bersoda bagi kesehatan anda? Maraknya minuman bersoda yang dijual dengan berbagai merek dan jenis kemasan menyebabkan kita tergoda juga untuk mencobanya.

Bahkan sebahagian orang lebih memilih minuman soft drink ini ketimbang minuman teh atau susu.

Meskipun minuman yang bersoda ini bisa menghilangkan dahaga dan mengembalikan kesegaran anda namun ada bahaya laten dari sering meminum minuman yang bersoda ini pada kesehatan anda.

Beberapa efek negative karena sering mengkonsumsi minuman bersoda ini tidak hanya dapat merusak gigi dan tulang saja tetapi juga bisa mempengaruhi perkembangan otak dan organ tubuh lainnya.

6 Efek Negatif Minuman Bersoda pada Kesehatan

1. Bahaya Soda pada Ginjal
Sering minum softdrink yang mengandung soda dapat mempengaruhi fungsi ginjal bahkan ginjal kita bisa mengalami kerusakan yang permanen. Hal ini disebabkan oleh dalam soda sendiri mengandung bahan pemanis buatan, asam fosfat maupun kafein.

2. Bahaya soda pada jantung
Salah satu hasil riset yang palin mengejutkan tentang soda ini yaitu dapat merusak pembuluh darah yang pada akhirnya turut mempengaruhi kinerja organ jantung kita. Dengan selalu mengkonsumsi minuman bersoda bisa menyebabkan penyakit serangan jantung dan stroke.

3. Meningkatkan Resiko Diabetes
Bahaya lain dari seringnya meneguk minuman bersoda tersebut juga bisa memicu hadirnya penyakit diabetes mellitus karena zat pemanis buatan pada soda tidak mampu dimetabolisme oleh insulin menjadi glikogen sehingga bisa mamacu peningkatan gula darah dalam tubuh kita.

4. Meningkatkan Resiko Obasitas
Dengan sering mengkonsumsi minuman yang bersoda juga dapat meningkatkan berat badan dan pada anak-anak bisa menyebabkan obesitas. Hal ini disebabkan karena dalam minuman bersoda sangat kaya akan kalori sehingga tubuh bisa kelebihan kalori, terlebih lagi pada anak yang kurang beraktivitas dan berolah raga.

5. Meningkatkan Risiko Osteoporosis
Osteoporosis adalah kerapuhan tulang yang umumnya terjadi pada individu usia lanjut namun tulang rapuh atau osteoporosis ini juga bisa dialami siapa saja utamanya bagi mereka yang kekurangan kalsium dan sering mengkonsumsi minuman yang bersoda.

Minuman yang bersoda ini mengandung asam fosfat yang tinggi dimana efek negative dari asam fosfat ini dapat melarutkan kalsium yang terdapat pada tulang kita sehingga menyebabkan hilangnya kepadatan tulang.

6. Dapat Merusak Gigi
Percaya atau tidak namun ini adalah fakta bahwa kandungan gula yang terdapat dalam soda bisa merusak email gigi dan membuat gigi menjadi keropos sebagaimana yang juga terjadi pada tulang kita.

Sebenarnya masih banyak efek negative dari seringnya minum minuman yang bersoda ini seperti bisa menyebabkan resiko penyakit degenerative, beresiko terjadinya kelahiran premature dsb.

Jadi sebelum minuman bersoda ini lebih jauh menggorogoti kesehatan kita, mungkin sudah saatnya untuk mengganti minuman ini dengan minuman seperti teh dan susu  yang lebih nyata bermanfaat untuk kesehatan kita.