Gejala Depresi yang Wajib Kita Ketahui

Cara Mengatasi DepresiApakah anda yakin bahwa diri anda tidak sedang dalam depresi? Eist…tunggu dulu, orang yang mengalami gejala depresi biasanya tidak menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sudah termasuk dalam gejala depresi.

Depresi atau gangguan psikis ini bisa terjadi pada siapa saja dan tidak memandang gender maupun usia bahkan depresi juga bisa terjadi pada anak-anak, utamanya bagi mereka yang berasal dari latar belakang keluarga yang kurang harmonis atau dari keluarga yang berantakan.

Pengertian depresi sendiri menurut medis yaitu gangguan mental yang terjadi karena beberapa kondisi yang turut mempengaruhinya. Gangguan depresi biasanya mempengaruhi masalah suasana hati, pikiran dan perasaan.

Gejala depresi sendiri sangat beragam dan tergantung dari pemicu depresi tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa gejala depresi yang mungkin saja sudah terjadi pada anda tanpa anda sadari sama sekali hal ini.

Gejala Depresi yang Wajib Kita Ketahui

– Selalu merasa cemas dan was-was meskipun hal tersebut tanpa ada alasan yang jelas
– Selalu merasa sedih dan lebih senang menyendiri
– Rasa pesimisis lebih dominan terhadap rasa optimis
– Hilangnya rasa percaya diri dan merasa minder
– Selalu dihantui rasa bersalah
– Kurang focus pada apa yang sedang dilakukannya
– Senantiasa terlihat murung, letih dan kurang semangat
– Sulit mendapatkan kualitas tidur bahkan insomnia
– Penurunan berat badan secara drastis ataupun sebaliknya
– Meningkatnya nafsu makan atau malah sebaliknya.
– Pembawaan yang berubah menjadi temperament dan sangat sensitive.
– Pada tingkat yang parah selalu berpikir untuk bunuh diri
– Dll.
Nah jika sebahagian dari gejala-gejala depresi diatas sedang anda alami, segera periksakan diri anda pada psikiater yang anda percayai jangan sampai anda benar-benar mengalami depresi baik depresi ringan maupun depresi berat.

Jika anda divonis mengalami depresi segeralah minta bantuan pada keluarga, sahabat ataupun pada orang yang benar-benar anda percayai bisa membuat anda merasa lebih nyaman dan bahagia untuk melupakan hal-hal yang menyebabkan anda depresi.