Kenali 5 Gejala Batu Ginjal ini Sebelum Terlambat

Penyebab Batu GinjalGejala penyakit batu ginjal yang hadir sebelum berubah menjadi batu ginjal kronis dapat dirasakan dengan beberapa keluhan yang bisa dijadikan sinyal untuk segera mencari pengobatan yang tepat terhadapnya.

Dalam dunia medis, penyakit batu ginjal ini dikenal dengan istilah Nefrolitiasis yaitu terbentuknya kristal batu pada ginjal. Istilah lain yang berhubungan dengan batu ginjal ini yaitu urolitiasis (munculnya batu pada saluran kemih).

Pembentukan cristal-cristal padat ini bisa disebabkan karena kosentrasi beberapa mineral dalam ginjal seperti pengaruh asam urat yang berlebihan, kalsium oksalat dan kalsium fosfat.

Seperti kita ketahui pula bahwa fungsi ginjal pada manusia seperti tempat penyaringan darah agar terbebas dari toksin, sebagai pengatur volume darah yang mengalir dalam tubuh, sebagai organ untuk mengatur keasaman darah dan lain sebagainya.

Dengan begitu vitalnya peran organ ginjal ini maka kita harus selalu memperhatikan kesehatan kita termasuk pada kesehatan ginjal kita. Jika ada keluhan disekitar ginjal kita maka sebaiknya segera periksakan diri pada ahli medis yang terpercaya untuk memastikan apakah keluhan tersebut ada hubungannya dengan gangguan pada kesehatan ginjal kita.

Beberapa gejala dan ciri penyakit batu ginjal yang hadir sebelum mereka menjadi kronis dapat dikenali dengan beberapa gejala seperti :

1. Rasa nyeri yang luar biasa pada pinggul,

2. Nyeri pada pangkal paha, nyeri saat buang kecil,

3. Frekuensi buang air kecil meningkat dengan volume urin yang sedikit,

4. Warna urin kecoklatan atau tidak berwarna bening

5. Tubuh sering menggil atau merasa demam, dll.

Pada gejala batu ginjal yang tidak segera mendapatkan pengobatan yang tepat bisa menyebabkan infeksi dalam ginjal sehingga pengangkatan ginjal ini wajib dilalukan jika infeksi tersebut sudah tidak memungkinkan sembuh dengan penggunaan obat oral.

“Jadi kenali 5 Gejala penyakit batu ginjal diatas sebelum terlambat”

Oleh karena itu mengapa orang selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi air minimal 2 liter dalam seharinya, dan salah satu tujuannya untuk mempercepat ekskresi untuk membuang sampah dalam ginjal kita melalui urin.

Dengan demikian kemungkinan dapat meminimalisasi pengendapan mineral dalam kantung kemih dan ginjal kita.