Gejala Usus Buntu yang Patut Diwaspadai

Penyebab Usus BuntuSalah satu jenis penyakit organ tubuh yang sering terjadi pada usus yaitu penyakit usus buntu atau dalam dunia medisnya dikenal dengan istilah Appendicitis. Usus buntu ini sendiri tidak terjadi begitu saja namun diawali dengan beberapa gejala.

Beberapa gejala usus buntu yang bisa kita rasakan seperti tubuh sering mengalami demam atau menggigil, diare, konstipasi (sembelit), pembengkakan pada perut bahkan hingga keram pada perut kita.

Karena gejala penyakit usus buntu tersebut mirip dengan beberapa gejala penyakit lainnya sehingga seringkali gejala tersebut tidak terduga bahwa itu sebenarnya adalah gejala usus buntu.

Oleh karena itu jika beberapa gejala diatas sering terasa maka sebaiknya segera melakukan check up untuk memastikan apakah gangguan yang terjadi tersebut adalah gejala usus buntu atau bukan.

Pada gejala usus buntu yang diabaikan tanpa segera mendapatkan penanganan dari medis dengan tepat maka bisa menyebabkan peradangan pada usus kita yang pada akhirnya akan menimbulkan nanah dan membengkak bahkan hingga pecah.

Nah pada kondisi yang demikian tentunya bisa membahayakan jiwa kita dan tidak sedikit orang yang terlambat mendapatkan penanganan berujung pada kematian.

Selain dengan memahami gejala usus buntu, hal yang paling penting adalah bagaimana mencegah terjadinya usus buntu seperti sesering mungkin mengkonsumsi makanan yang kaya serat sehingga memudahkan usus membuang semua sampah yang ada dalam usus besar kita melalui BAB (Buang Air Besar).

Meskipun kedengarannya sepele tapi jangan remehkan jika kita merasakan sesuatu yang aneh disekitar perut bagian bawah kita karena jangan sampai hal tersebut adalah gejala usus buntu yang jika dibiarkan akan mengalami peradangan.