Cara Mengurangi Rasa Nyeri Punggung Selama Kehamilan

Obat Nyeri Punggung saat Hamil  Ketidaknyamanan selama kehamilan dan cara-cara untuk mengatasinya demi kenyamanan kita selama kurang lebih 9 bulan mungkin sangat penting artinya bagi ibu hamil.

Beberapa ketidak nyamanan yang terkait dengan kehamilan seperti mual yang biasanya terjadi pada pagi hari, sakit punggung, sembelit, sensasi panas disekitar dada, kram dan perasaan lelah sepanjang hari.

Bagi mereka yang sedang menjalani masa kehamilan dan merasakan beberapa bentuk ketidak nyaman diatas, berikut ini beberapa saran untuk mengurangi ketidak nyaman tersebut.

Cara mengurangi ketidak nyamanan dalam kehamilan

Mual dipagi hari
Perut mules dan rasa mual yang biasanya dirasakan pada pagi hari (serangan morning sickness ) atau bahkan bisa hampir sepanjang hari. Morning sickness adalah hal yang wajar dan hampir semua ibu hamil merasakan hal ini. Rasa mual ini biasanya dimulai ketika seseorang positif hamil.

Mungkin sebahagian ibu-ibu bertanya, Mengapa hal itu terjadi?
Rasa mual muncul disaat hamil karena dipengaruhi oleh hormon HCG (human chorionic gonadotropin). Perubahan masalah hormonal juga memungkinkan seseorang mengalami muntah.

Peningkatan sensitivitas dari pusat otak juga dapat memicu rasa mual. Apalagi jika seorang ibu mengalami kehamilan janin kembar atau memiliki komplikasi seperti kehamilan molar (hamil anggur), maka kemungkinan anda akan lebih sering muntah daripada kehamilan normal.

Cara mengurangi ketidaknyaman ini (mual), hal yang sebaiknya anda lakukan adalah:
– Tinggal di tempat tidur minimal 10 menit sebelum anda bangkit dari pembaringan anda.
– Makan roti panggang, biskuit atau kerupuk di pagi hari sebelum anda sarapan pagi.
– Minum banyak air sepanjang hari.
– Membagi pola diet anda menjadi enam porsi kecil sehari dan menghindari makan yang berlebihan.
– Hindari pemicu. Jika bau tertentu bisa mempengaruhi mood anda sebaiknya untuk dihindari seperti bawang merah atau bawang putih yang bisa memperburuk rasa mual.
– Cobalah obat seperti Doksilamin suksinat atau Ondensetron untuk memerangi mual, tapi hal ini dikonsultasikan dulu dengan dokter kandungan anda.

Sakit punggung selama kehamilan
Biasanya sakit punggung selama kehamilan disebabkan kurangnya postur tubuh yang tepat, dan senam kehamilan sangat diperlukan untuk menenangkan dan memperkuat otot-otot belakang.

Penyebab lain nyeri punggung selama kehamilan bisa disebabkan oleh osteoporosis atau osteopenia.

Saran untuk mengurangi nyeri punggung ini adalah:
* Menjaga postur tubuh yang tepat sepanjang waktu. Jaga posisi punggung agar selalu tegak.
* Tidur menyisi sisi dengan menyelipkan bantaldi antara kaki anda
* Hindari memakai sepatu hak tinggi.

Jika sakit punggung anda masih memungkinkan bergerak dengan nyaman dan membungkuk dari sisi ke sisi, anda masih diperbolehkan untuk beraktivitas termasuk latihan prenatal. Tapi jika nyeri ini memburuk dari hari ke hari, anda mungkin perlu memeriksa dengan ahli gynecology untuk menghilangkan kemungkinan adanya infeksi ginjal atau bahkan persalinan prematur.

” Penjelasan mengenai  Cara mengatasi hearthburn, sembelit, dan kelelahan selama kehamilan akan kami lanjutkan pada pembahasan berikutnya”.