Pengobatan Demam Typhoid pada Anak

Obat Alami TyphoidAnak anda sering mengalami demam lebih dari seminggu? Periksakan segera kondisi kesehatan anak anda karena jangan sampai hal ini karena penyakit demam typhoid.

Penyakit demam typoid ini sendiri disebabkan oleh infeksi Salmonella typhi melalui makanan atau minuman yang kita konsums yang telah tercemar bakteri ini. Meskipun masa terpaparnya individu hingga gejala typhoid ini muncul bervariasi pada setiap penderita. Dan hal ini tergantung pada system imun tubuh dan jumlah kuman yang tertelan oleh individu yang terpapar.

Masa Inkubasi dan Gejala typhoid pada anak
Masa inkubasi penyakit ini antara 7 – 20 hari dimana penderita mengalami demam selama 7 hari bahkan atau lebih. Gejala lainnya seperti gangguan pada saluran pencernaan bahkan hingga gangguan pada kesadaran penderita dengan peningkatan pada suhu badan.

Tahap dan gejala demam typhoid ini semakin jelas setelah memasuki minggu kedua seperti munculnya nodul disekitar perut, dada dan pada bagian kulit lainnya dengan warna kemerahan dan jika ditekan akan menghilang untuk sementara waktu. Gejala lainnya seperti demam remiten, pembesaran pada ukuran hati dan perut kembung.

Komplikasi typhoid ini umumnya disertai anemia, pneumonia, Perforasi usus halus, gangguan pada sel darah merah dan juga bahkan kekurangan sel darah putih (leukopenia) karena kerusakan pada leukosit darah.

Pengobatan demam typhoid pada anak

1 . Pohon cemara dan biji carom
Rendam Biji carom 1 sdm dan 1 cabang (8 cm) pohon cemara dalam setengah ½ liter air selama 12 jam. Air rendaman ini kemudian disaring untuk dijadikan obat demam typhoid pada anak anda.

2 . Jeruk Manis
Jeruk manis dan segala jenis buah yang banyak mengandung vitamin C atau dapat meningkatkan system imun tubuh anak sangat baik untuk dikonsumsi anak yang menderita demam typhoid.

3 . Madu Asli
Berikan madu asli pada anak untuk meningkatkan nutrisi anak sekaligus sebagai obat antibiotic alami. madu ini mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan dalam melawan bakteri Salmonella typhi .

4. Wortel
Wortel merupakan jenis sayuran yang diperkaya oleh sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita dan memiliki sifat antibacterial.
Pada anak yang menderita diarea karena typhoid, kita bisa merebus potongan-potongan kecil dari wortel selama 8-10 menit kemudian disaring airnya untuk diminum oleh anak yang sedang diare.

5. Jus apel dan jahe
Pada anak yang menderita demam typhoid, cobalah gunakan buah apel sebanyak satu gelas lalu menambahkan jus jahe sebanyak 1sdm untuk diminumkan pada anak. Gunakan ramuan ini sekali sehari untuk membantu mempercepat penyembuhan anak dari typhoid.

Selain itu, usahakan anak untuk bisa mendapatkan istirahat yang cukup, menjaga hidrasi anak serta periksakan kesehatan diri anak untuk mendapatkan perawatan dari ahli medis.

Untuk pengobatan medis sendiri, biasanya dokter memberikan beberapa obat anti biotic dengan dosis tertentu berdasarkan usia anak. Beberapa jenis antibiotic yang sering digunakan oleh dokter untuk mengatasi demam typhoid pada anak seperti kloramfenikol, tiamfenikol, kotrimoksasol, seftriakson, sefotaksim, siprofloksasin, ampisilin dan amoksisilin.