Manfaat Dibalik Beta Karoten

Manfaat Dibalik Beta karotenManfaat beta karoten bagi tubuh sangatlah banyak, terutama dalam menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan tubuh.

Beta karoten yang biasa disimbolkan dengan β-carotene ini dapat ditemukan pada sejumlah sayuran yang berwarna orange, hijau tua hingga sayuran berwarna ungu atau pada buah-buahan.

Beta karoten dikenal karena selain sebagai sumber vitamin A juga memiliki sifat yang istimewa karena sifat antioksidannya yang tinggi serta bersifat anti radikal bebas.

Dengan kata lain bahwa beta karoten ini dapat mencegah kerusakan pada jaringan tubuh baik yang disebabkan oleh racun yang masuk kedalam tubuh kita ataupun zat lain yang merupakan hasil samping dari metabolisme tubuh.

Manfaat betakaroten sendiri sangat baik untuk kesehatan kulit utamanya dalam mencegah penuaan kulit, mencerahkan kulit, mencegah munculnya bintik-bintik hitam kecoklatan akibat radikal bebas dari paparan matahari.

Dan untuk mata, peran beta carotene dapat mencegah kerusakan pada retina mata yang menyebabkan ketidakfokusan mata dalam melihat objek sehingga individu yang mengalami gangguan retina tidak bisa melihat objek dengan jelas.

Beberepa penelitian lain menunjukkan bahwa betakaroten ini bersifat anti karsinogen yaitu zat yang dapat menggagalkan pertumbuhan sel kanker sebelum membentuk sel kanker utamanya pada kanker serviks dan kanker pada saluran pernafasan.

Makanya para ahli selalu menyarankan untuk memenuhi kebutuhan betakaroten minimal 5 mg dalam setiap harinya.

Dan untuk memenuhi betakaroten ini kita dapat mengambilnya melalui suplemen, sayuran dan buah-buahan yang mengandung betakaroten tinggi seperti wortel, terong, labu, ubi jalar, mangga, pepaya, brokoli, bayam dll.