Gejala Flu Tulang yang Patut Diwaspadai

Penyebab ChikungunyaFlu tulang atau penyakit yang bisa dikenal dengan chikungunya ini adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi parvovirus B19 yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aides eigepty yang telah terinfeksi virus ini.

Terkadang flu tulang ini sering diistilahkan juga dengan penyakit demam tulang yang sering menyerang didaerah persendian penderita.

Penyakit flu tulang ini merupakan bagian dari influeza dimana penderita akan mengalami flu biasa sebelum mengembangkan nyeri pada tulang dan persendian.

Perlu juga diketahui bahwa gejala penyakit flu tulang hampir sama dengan penyakit demam berdarah seperti pada bagian kulit mengembangkan ruam dan bercak-bercak merah dan terkadang bercak merah ini biasa juga muncul di sekitar mulut kita.

Dan untuk memastikan bahwa penderita mengalai gejala Flu tulang atau buka, memerlukan diagnosa oleh dokter.

Meskipun penyakit flu tulang ini tidak sampai mematikan tapi dampak dari flu tulang yang tidak ditangani oleh dokter dapat menyebabkan cacat tulang secara permanent dimana struktur tulang akan mengalami pembengkokan dan dan sama sakali tidak dapat digerakkan. Jadi jangan remehkan dengan penyakit flu yang satu ini.

Pengobatan flu tulang sebenarnya hanya memerlukan istirahat yang cukup untuk memberi kesempatan system pertahanan tubuh kita dalam memerangi virus.

Biasanya perlawanan tubuh terhadap mikroorganisme pathogen yaitu dengan meningkatkan suhu tubuh pada level tertentu. Makanya jangan heran jika tubuh kita mengalami peningkatan suhu yang tinggi.

Disamping itu, pada pasien yang menderita demam tulang atau flu tulang ini disarankan untuk tidak terlalu banyak bergerak karena hal ini akan menguntungkan virus berkembang biak didalam tubuh kita.

Meningkatkan system imun tubuh sangat penting untuk menangani masalah penyakit chikungunya ini karena untuk pengobatan khususnya hingga saat ini belum ditemukan. Hanya saja, penanganan yang ditempuh biasanya mirip dengan penanganan pada beberapa penyakit yang disebab oleh virus.

Pengobatan dengan menggunakan obat antibiotic tidak cukup menjamin dalam mengatasi masalah virus namun untuk mencegah komplikasi lain dari flu tulang, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi obat antibiotic.

Karena belum ada obat khusus untuk menangani penyakit Flu tulang ini maka mencegah penularan virus adalah cara yang paling mudah dan efektif sejauh ini. Jadi menjaga sanitasi lingkungan, menguras tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk atau menjaga tubuh dari gigitan nyamuk adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit flu tulang ini.