5 Cara Merawat Kulit yang Mudah Terserang Jerawat

Perawatan Kulit BerminyakCara merawat kulit yang mudah terserang jerawat tidak hanya sebatas membersihkan kulit dari minyak dan kotoran yang melekat pada permukaan kita.

Seperti kita ketahui bahwa pertumbuhan jerawat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti perubahan hormone, produksi sebum yang berlebihan, pengaruh diet yang kurang tepat penggunaan kosmetika yang tidak sesuai dengan jenis kulit kita.

Sementara itu jerawat juga sangat mudah tumbuh pada jenis kulit berminyak dibanding dengan jenis kulit lainnya apalagi jika tidak barengi dengan perawatan kulit yang tepat.

Pada jenis kulit berminyak ini tentunya memerlukan perawatan kulit yang lebih ekstra agar terhindar dari pertumbuhan jerawat. Jika anda bermasalah dengan pertumbuhan jerawat ini, berikut ini adalah 5 cara merawat kulit yang mudah terserang jerawat seperti:

1. Menjaga kebersihan Wajah
Pada kuit yang mudah terserang jerawat sebaiknya selalu memperhatikan kebersihan permukaan kulit anda dengan membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda.

2. Gunakan Produk Anti Jerawat
Produk anti jerawat saat ini sangat banyak jenisnya mulai dari bedak hingga cream anti jerawat. Gunakan produk anti jerawat yang berkualitas baik dan produk yang sesuai dengan jenis kulit anda untuk menghidari reaksi negative yang ditimbulkan oleh kosmetika anti jerawat yang kita gunakan.

Pilih produk kosmetika anti jerawat yang berbahan herbal alami yang memiliki sifat anti bacterial karena anti jerawat yang mengandung anti bacterial sudah sering dibuktikan dalam mengeliminasi dan mencegah pertumbuhan jerawat baru pada permukaan kulit kita.

3. Menstabilkan produksi sebum
Secara alamiah kulit mengeluarkan minyak alaminya dengan maksud menjaga kelembaban kulit kita agar terlihat segar dan awet. Tapi pada kondisi tertentu kulit dapat memproduksi sebum secara berlebihan sehingga kulit sangat rentan mengalami pertumbuhan jerawat.

Nah disinilah peran kita untuk mengontrol produksi sebum ini secara normal dengan menggunakan kosmetika yang memiliki oil control, meningkatkan konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan makanan yang bersifat antioksidant serta mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak.

4. Istirahat yang cukup
Istrahat yang cukup dapat memperbaiki kerusakan jaringan kulit serta meningkatkan fungsi dan kinerja jaringan kulit sehingga terbentuk system pertahanan kulit yang kuat dari pengaruh bakteri yang bisa menimbulkan peradangan pada jerawat.

5. Menjaga cairan tubuh
Salah satu factor pertumbuhan jerawat ketika menumpuknya sel-sel kulit mati pada permukaan pori-pori. Kekurangan cairan tubuh tidak hanya menyebabkan gangguan pada kinerja organ-organ tubuh kita tapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit.
Jadi bagi anda yang mendambakan kulit yang kencang, awet dan terhindar dari berbagai gangguan kulit, usahakan minum air minimal 2 liter setiap hari.

Demikian 5 cara merawat kulit yang mudah terserang jerawat diatas semoga banyak manfaatnya untuk meningkatkan kecantikan kulit anda.