Pengobatan Campak pada Anak

Penyebab Penyakit Campak Penyakit campak atau yang biasa dikenal dengan rubeola ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus rubeola sehingga campak ini termasuk penyakit yang sangat mudah menular terutama pada anak-anak.

Pengobatan campak pada anak sebenarnya bertujuan untuk mengurangi penderitaan anak terhadap beberapa kondisi yang disebabkan oleh penyakit campak ini, karena pengobatan dengan menggunakan obat antibitik pada virus biasanya tidak akan membuahkan hasil, dan terkadang justru hanya semakin meningkatkan ketahanan virus terhadap obat antibiotik yang kita berikan.

Selain dengan menganjurkan anak untuk beristirahat total berikut ini adalah bentuk pengobatan campak pada anak yang bisa meringankan penderitaan anak kita seperti:

• Demam
Jika anak demam atau kondisi suhu tubuh anak sangat tinggi mengushakan anak agar tetap tenang agar virus tidak leluasa untuk berkembang. Berikan pada anak obat seperti ( parasetamol , asetaminofen ) atau ibuprofen yang efektif dalam mengendalikan demam , mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Tapi, anak di bawah 16 tidak boleh diberikan aspirin . Periksakan diri anak kedokter serta tidak memberikan obat acetaminophen dalam dosis yang lebih karena dapat membahayakan kesehatan anak, terutama pada hati anak.

• Hindarkan dari asap tembakau
Jangan biarkan orang merokok di dekat anak yang terserang campak karena hal ini dapat melemahkan system imun anak.

• Fotofobia
Biasanya penyakit campak menyebabkan anak fotofobia atau sangat sensitif terhadap cahaya. Oleh karena itu menjaga cahaya lampu agar redup, jika perlu matikan lampu dalam kamar tidur anak.

• Batuk
Jika anak mengalami batuk karena penyakit campak, ingat bahwa obat batuk tidak akan meredakan batuk yang komplikasi pada campak.

Jika usia anak sudah lebih dari 12 tahun anda bisa memberikan ramuan tradisional berupa segelas air hangat yang dicampur dengan 1 sdt jus lemon dan 2 sdt madu karena ramuan ini biasanya mengurangi batuk anak. Ingat, Jangan memberikan madu pada bayi.

• Minum Banyak Air
Pada anak yang demam kemungkinan besar akan mengalami kekurangan cairan tubuh. Pastikan anak anda tetap terdehidrasi dengan baik. Sarankan agar anak anda sering minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

• Suplemen vitamin
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen vitamin A secara signifikan membantu mencegah komplikasi yang disebabkan oleh campak. Suplemen vitamin sangat dianjurkan untuk anak-anak yang kekurangan vitamin A dan anak-anak di bawah usia dua tahun dan memiliki campak yang parah.

Jadi penggunaan obat pada pengobatan campak tidak bertujuan untuk memerangi virus campak tetapi dengan berusaha meningkatkan system imun tubuh anak dan mengurangi rasa sakit akibat komplikasi penyakit lain. Dan semoga beberapa pengobatan campak pada anak diatas bisa membantu mempercepat kesembuhan anak.