Tips dan Cara Merawat Kulit Sensitif

Tips dan Cara Merawat Kulit SensitifPernahkah Anda mengalami kulit Anda memerah ketika menggunakan produk perawatan atau produk kecantikan tertentu?

Hati hati, boleh jadi bukan produk kecantikan Anda yang bermasalah, tetapi kulit Anda yang sensitif terhadap produk kecantikan tertentu.

Kulit yang sensitif sendiri memiliki reaksi yang lebih cepat dibandingkan kulit jenis lainnya. Biasanya, kulit sensitif akan sangat cepat bereaksi terhadap bahan kimia, cuaca panas atau bahkan kondisi lingkungan tertentu.

Kulit yang sensitif biasanya akan cepat memerah jika terkena paparan sinar matahari. Pada kondisi tertentu, misalnya ketika berada di ruangan ber-AC, kulit yang sensitif cenderung lebih mudah berjerawat dibandingkan jenis kulit lain pada umumnya.

Selain itu, kulit yang berjerawat juga akan mudah berjerawat jika terkena debu, bukan hanya pengaruh lingkungan, makanan juga terkadang membawa pengaruh yang tak sedikit pada kulit yang sensitif, seperti misalnya kulit yang gatal gatal, kulit memerah bahkan kulit yang berbintik.

Beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita kulit sensitif diantaranya adalah makanan laut (untuk orang tertentu) makanan siap saji atau junkfood, makanan yang mengandung minyak berlebih dan makanan yang mengandung pemanis serta perasa buatan.

Tips dan Cara Merawat Kulit Sensitif

Untuk Anda yang memiliki kulit yang sensitif, disini kami akan memberikan tips dan cara merawat kulit yang sensitif dengan baik dan benar.

  • Sebaiknya hindari penggunaan pembersih wajah yang banyak mengandung zat eksfoliasi. Mereka yang memiliki masalah kulit berminyak biasanya sering menggunakan pemberwih wajah yang mengandung zat ini, padahal zat eksfoliasi sangatlah tidak baik untuk kulit sensitif.
  • Ada baiknya Anda menggunakan pembersih wajah yang mengandung  salicylic acid. Zat ini sangat berguna untuk membuka sumbatan pori di kulit Anda.
  • Hindari penggunaan kosmetik secara berlebihan.
  • Gunakanlah bahan bahan herbal untuk perawatan kulit wajah Anda seperti misalnya madu, minyak zaitun, jeruk nipis, aloe vera dan bahan bahan alami yang direkomendasikan lainnya.
  • Jangan pernah menggunakan pembersih atau pencerah wajah yang menggunakan atau mengandung alcohol. Zat alcohol yang terkandung dalam produk kosmetik Anda bisa menyebabkan kluit sensitif Anda tambah parah.
  • Gunakanlah sun block atau tabir surya yang mengandung zinc atau titanium diokside
  • Gunakan kain yang lembut dan halus untuk menyeka wajah, disarankan untuk menggunakan tangan kosong tanpa kain atau tisu, tetapi pastikan juga Anda telah mencuci tangan sebelum menyentuh muka.
  • Hindari penggunaan waslap yang terlalu keras.
  • Jangan membasuh kulit sensitif dengan menggunakan air yang terlalu hangat
  • Jangan membasuh kulit sensitif dengan menggunakan air yang terlalu dingin.
  • Hindari untuk bergadang atau tidur terlalu larut malam.
  • Jika terkena iritasi dan tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter terpercaya Anda.

Perawatan kulit yang sensitif sangatlah berbeda dengan perawatan kulit pada umumnya. Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam merawatya. Dalam melakukan perawatan kulit sensitif, asupan makanan juga harus selalu diperhatikan.

Hindari mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan, Anda juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi junkfood atau makanan makanan siap saji.

Kami sarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah buahan, selain itu, mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari juga sangat dianjurkan untuk membuat kulit sensitif Anda jauh lebih sehat.

Itulah beberapa tips dan cara merawat kulit yang sensitif. Semoga saja tips tips ini bermanfaat, khususnya untuk Anda yang memiliki kulit yang sangat sensitif.