7 Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari

Penyebab Asam UratPantangan asam urat biasanya makanan yang banyak mengandung purin serta minuman beralkohol. Namun sebelum kita membahas pantangan asam urat ini, mungkin ada baiknya untuk mengetahui sedikit tentang proses dan penyebab penyakit asam urat.

Asam urat dalam dunia medisnya dikenal dengan istilah gout atau arthritis akut. Penyakit ini biasanya menyerang individu jika didalam aliran darah kelebihan kadar asam urat (hiperurisemia).

Sebetulnya semua orang memiliki asam urat dalam darah karena adanya pemecahan sel dalam tubuh kita. Namun, apabila seseorang sering mengkonsumsi makanan yang tinggi purin maka Enzim HGPRT (hypoxantin-guanyl phosporilbosyl transferase) yang berperan penting untuk memotong mata rantai asam urat tidak mampu lagi memetabolisme purin ini sehingga kadar asam urat kita biasa meningkat dan melebihi batas normal.

Dan purin yang tidak dimetabolisme akan menjadi asam urat dan beredar pada aliran darah kita yang ujung-ujungnya akan membentuk kristal disekitar persendian. Itulah mengapa sendi-sendi kita terlihat bengkak, memar, kemerahan dan disertai rasa nyeri jika digerakkan.

Dan asam urat ini lebih dominan diderita oleh kaum pria dan perempuan yang telah menopause.

Untuk pria, kadar asam urat dalam darah antara 3,5 – 7 mg/dl dan untuk wanita 2,6- 6 mg/dl, Jika kadar asam urat lebih dari batasan tersebut maka di istilahkan dengan hiperurisemia. Oleh karena itu untuk terhindar dari kelebihan kadar asam urat sebaiknya selalu melakukan check up pada dokter keluarga anda mengenai kondisi kadar asam urat anda.

Pada topic pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai Pantangan Asam Urat yang dapat memperburuk penyakit asam urat anda.

7 Pantangan Asam Urat yang Wajib Dihindari

Di bawah ini adalah 7 jenis makanan yang sangat pantang dimakan oleh mereka yang menderita asam urat tinggi, yaitu:

  1. Makanan yang berasal ari kelompok daging seperti daging kambing, domba, daging ayam, daging bebek, daging kuda, daging sapi dan daging kerbau maupun makanan dari hasil olahannya.
  2. Makanan dari kelompok seafood seperti kerang, tiram, ikan teri, cumi-cumi, sarden dan sebagainya.
  3. Makanan yang terbuat dari kelompok jeroan seperti usus, hati, otak, babat, ginjal, limpa, usus, dan paru.
  4. Kelompok makanan dari sayuran seperti sayur kangkung, daun papaya, sayur bayam, daun ubi dan sejenisnya
  5. Makanan yang berasal dari kelompok buah-buahan seperti nenas, alpokat dan buah durian.
  6. Makanan dari kelompok kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang tanah, tauge serta makanan hasil olahannya.
  7. Makanan berlemak dan berprotein tinggi termasuk makanan yang digoreng dengan menggunakan margarine.

Nah inilah makanan yang wajib dihindari jika anda ingin terhindar dari serangan asam urat serta jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air setidaknya 2 liter perhari untuk membantu ginjal mengeluarkan purin melalui urin kita.

Demikianlah artikel tentang Pantangan Asam Urat yang wajib dihindari baik dalam pencegahan maupun dalam masa pengobatan penyakit asam urat anda.