8 Suplemen dan Obat Tradisional untuk Nyeri Sendi

Obat Nyeri Sendi Arthritis adalah penyebab paling umum nyeri pada persendian.

Namun, nyeri sendi bisa disebabkan oleh beberapa masalah lain seperti bursitis (peradangan pada kantung kecil dari cairan sinovial dalam tubuh), tendonitis, asam urat, osteomyelitis (infeksi dan peradangan pada tulang atau sumsum tulang), osteopenia (Tulang kurang padat).

Pengobatan Arthritis ini bisa dengan mengkonsumsi suplemen obat maupun dengan menerapkan beberapa ramuan herbal.

Berikut ini adalah pengobatan nyeri sendi menurut medis dan herbal yang dapat anda coba dirumah.

8 Suplemen dan Obat Tradisional untuk Nyeri sendi

Pemilihan suplemen nyeri sendi tergantung pada seberapa efektif itu untuk rasa sakit. Suplemen terbaik tentunya suplemen yang dapat mengurangi rasa sakit dan juga memperbaiki kembali sel yang rusak untuk mencegah rasa sakit di masa yang akan datang.

Meskipun suplemen tidak mungkin memperbaiki kerusakan sepenuhnya, setidaknya harus mampu mengurangi peradangan sendi dan memberikan kenyamanan kepada pasien.

1. Glucosamine Sulfat

Glukosamin adalah asam amino yang diproduksi secara alami dalam tubuh. Hal ini memainkan peran penting dalam perbaikan tulang rawan. Glucosamine bersama suplemen nyeri sangat efektif dalam mengurangi peradangan dan nyeri pada sendi.

Penggunaan suplemen glucosamine didasarkan pada gagasan bahwa mereka dapat membantu dalam meningkatkan laju pembentukan tulang rawan baru. Hal ini diperlukan untuk mempertahankan tingkat yang tepat dari kelembaban dalam tulang rawan.

Dengan tidak adanya kelembaban dalam tulang rawan, kehilangan elastisitas dan tidak mampu menyerap dampak dalam berjalan, berlari dan kegiatan lainnya. Suplemen glucosamine ini mampu memperkuat tulang rawan, dengan demikian mencegah nyeri di sendi.

2. Hyaluronic Acid (Asam Hyaluronic)

Asam Hyaluronic adalah polimer alami yang hadir dalam cairan sendi sinovial. Asam Hyaluronic ini berfungsi sebagai bantalan sendi dengan menciptakan lingkungan kental dan melindungi sendi.

Dengan demikian, sendi terlumasi dengan baik sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh gesekan. Tidak adanya asam hyaluronic menyebabkan sendi menegang sehingga terasa nyeri disaat sendi digerakkan.

3. Chondroitin Sulfat

Chondroitin adalah senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh kita yang sebagian bertanggung jawab atas ketahanan tulang rawan. Hal ini sangat penting untuk pembentukan struktur sendi matriks.

Suplemen Chondroitin digunakan dalam hubungannya dengan glukosamin sulfat dan efektif dalam mengurangi nyeri sendi.

4. S-adenosylmethionine

S-adenosylmethionin atau SAMe bisa membantu dalam meningkatkan jumlah kondrosit atau sel tulang rawan, sehingga meningkatkan ketebalan tulang rawan.

S-adenosylmethionine adalah obat alami untuk depresi, tetapi juga dikenal untuk meringankan nyeri sendi yang berhubungan dengan arthritis. Suplemen nyeri sendi ini dapat meningkatkan jumlah kolagen yang dihasilkan, sehingga memperkuat sendi dan juga memiliki sifat anti-inflamasi. Namun penggunaan obat ini harus atas sepengetahuan dokter anda.

5. Methylsulfonylmethane (MSM)

Methylsulfonylmethane diyakini dapat mendukung ligamen dan ditemukan efektif dalam mengobati osteoarthritis. Ini secara alami ditemukan dalam susu sapi, makanan laut, daging, buah-buahan dan sayuran. Hal ini juga tersedia dalam bentuk kapsul, tablet dan lotion.

6. Vitamin

Vitamin seperti niacinamide (bentuk B3) dan vitamin D sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit yang terkait dengan osteoarthritis. Vitamin D mengontrol kerusakan tulang rawan di sendi dan membantu dalam memerangi rasa sakit yang terkait dengan tulang rawan memburuk.

Studi menunjukkan bahwa niacinamide efektif dalam meningkatkan fleksibilitas sendi dan mengurangi peradangan.

7. Jahe

Jahe terkenal dengan sifat anti-inflamasi. Hal ini menghambat enzim cyclooxygenase COX dan lipoxygenase dan dengan demikian mengurangi produksi prostaglandin yang menyebabkan peradangan. Jahe dikenal sebagai obat tradisional untuk mengurangi nyeri sendi.

8. Kunyit

Kunyit selain sebagai bahan penikmat rasa dari kebanyakan kuliner juga memiliki kemampuan untuk meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan yang terkait dengan sendi.

Kunyit ini mengandung curcumin, yang menghambat COX-2, prostaglandin dan leukotrien, sehingga menjaga dan mengatasi masalah peradangan pada sendi kita.

Meskipun 8 Suplemen dan Obat Tradisional untuk Nyeri Sendi diatas sangat baik untuk mengatasi nyeri sendi namun sebaiknya atas sepengatahuan dokter spesialis anda untuk meresepkan anda dengan tepat.