Diet untuk Atasi Radang Sendi

Obat Radang SendiRadang sendi atau dalam bahasa medisnya dikenal dengan Rheumatoid arthritis yaitu gangguan autoimun berupa inflamasi kronis yang mempengaruhi sendi dalam tubuh sehingga menyebabkan gangguan pada jaringan sendi, gerakan kaku dan menyebabkan deformitas pada sendi.

Dampak dari rheumatoid arthritis berupa nyeri, peradangan, kekakuan, hilangnya fungsi sendi dan pada kasus berat dapat menyebabkan cacat sendi secara permanen.

Radang sendi umumnya mempengaruhi orang-orang yang berusia antara 25-55 tahun dan paling banyak diderita oleh kaum wanita jika dibandingkan dengan kaum pria.

Radang sendi ini terjadi karena ini sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh yang sehat. Para peneliti belum dapat mengetahui alasan yang tepat untuk mengapa sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri, bagaimanapun, gen, lingkungan dan hormonlah yang bertanggung jawab sebagai penyebab radang sendi.

Banyak penelitian telah dilakukan para ahli untuk mempelajari apakah makanan tertentu bisa mengurangi mengurangi gejala rheumatoid arthritis ini atau tidak. Beberapa studi telah menemukan beberapa hubungan antara keduanya. Kesimpulan yang diperoleh sejauh ini menunjukkan bahwa perubahan dalam diet pasien dapat mengurangi peradangan sendi ini.

Diet untuk Radang Sendi
Pilihan pengobatan untuk radang sendi meliputi obat-obatan, operasi, perubahan gaya hidup dan diet tertentu bermanfaat untuk mengurangi radang sendi.

Asam lemak Lemak Omega-3 memainkan peran penting dalam mengendalikan peradangan sendi. Beberapa makanan yang kaya omega-3 yang dianjurkan untuk penderita gangguan radang sendi seperti yang tercantum dibawah ini:

• Salmon, makarel, dan ikan haring
• Minyak ikan, seperti ikan cod, dll
• Kedelai dan minyak kedelai
• Minyak kenari
• Alpukat dan minyak alpukat segar, dll.

Pada penderita radang sendi juga diharus untuk meningkatkan asupan harian makanan dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan nasi. Bahan makanan juga harus bebas dari lemak jenuh. Asupan makanan seperti sup, kaldu, teh herbal, jus sayuran segar, air, dll, juga harus dimasukkan dalam diet.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari
Bebberapa makanan yang harus dihindari pada individu yang menderita radang sendi seperti gandum, susu dan produk susu, bahan aditif sintetis dan pengawet.

Beberapa makanan lainnya yang harus dihindari seperti gorengan, makanan olahan, kopi, produk susu, garam yang berlebihan, alkohol dan lemak jenuh.

Radang sendi umumnya mempengaruhi orang-orang yang berusia antara 25-55 tahun dan paling banyak diderita oleh kaum wanita jika dibandingkan dengan kaum pria. Oleh karena itu, perubahan gaya hidup dan diet sehat sejak sekarang akan membantu dalam mengatasi radang sendi ini.