Gaya Hidup Sehat untuk Mengurangi Hipertensi

Parameter Gaya Hidup SehatHipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko yang paling signifikan untuk penyakit jantung, yang menyebabkan sekitar 15 persen dari jumlah kematian di seluruh dunia dalam setiap tahunnya.

Tekanan darah yang berlebihan menyebabkan kerusakan pada lapisan dalam dinding arteri, yang mengarah pada kesehatan yang lebih serius.

Peneliti medis telah mengidentifikasi sejumlah faktor gaya hidup yang penting yang meningkatkan risiko hipertensi dan telah menemukan cara mengatasi hipertensi tanpa memerlukan pengobatan dari bahan kimia. Tekanan darah dapat kembali normal hanya dengan menghindari penyebabnya.

Sebuah tim peneliti dari Finlandia melaporkan pada European Society of Cardiology Congress bahwa perilaku sehat menyangkut alkohol, aktivitas fisik, asupan sayuran dan berat badan mengurangi risiko hipertensi pada 2/3 bagian.

Mereka juga mencatat bahwa pencegahan hipertensi sangat penting untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah morbiditas dan mortalitas.

Beberapa parameter gaya hidup sehat untuk mencegah risiko serangan tekanan darah tinggi (hipertensi ini), tim peneliti mengidentifikasi lima faktor utama penyakit kardiovaskular terkait gaya hidup seperti  merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik, obesitas dan konsumsi sayuran.

Tugas mereka adalah hanya untuk mengoreksi perilaku dan gaya hidup sehat agar gaya hidup tersebut tidak menimbulkan dampak negatif pada kesehatan.

Gaya Hidup Sehat untuk Mengurangi Hipertensi

1. Tidak merokok
2. Konsumsi alkohol kurang dari 50g per minggu
3. Berolahraga fisik setidaknya tiga kali  perminggunya
4. Konsumsi sayuran setiap hari
5. Menjaga berat badan normal yang ideal

Tim menemukan bahwa efek dari gaya hidup tidak sehat lebih banyak terbukti pada pria daripada wanita, mungkin karena peningkatan konsumsi alkohol dan kecenderungan obesitas ditemukan dalam kelompok laki-laki.