Gangguan Mata dan Perawatan Mata yang baik

Penyakit MataGangguan mata bisa terjadi pada siapa saja dan tanpa memandang usia baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa.

Pada individu yang sering mengabaikan kesehatan mata, orang yang berusia lanjut, mal nutrisi serta karena efek samping obat adalah individu yang paling rentan terhadap gangguan mata.

Gangguan penglihatan sebenarnya bisa diatasi jika saja kita dapat mendeteksi secara dini hal-hal yang mengganggu kesehatan mata kita. Oleh karena itu pentingnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan anda secara berkala pada ahlinya.

Orang-orang di atas usia 65 tahun sebaiknya harus memiliki pemeriksaan mata tahunan. Temui dokter mata anda secara teratur untuk memeriksa penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi karena kedua penyaki ini dapat menyebabkan masalah mata jika tidak segera diobati.

Hubungi dokter mata jika anda menemukan keganjilan dalam penglihatan anda dan atau menemukan beberapa hal seperti dibawah ini:
• Tiba-tiba tidak dapat melihat atau semuanya terlihat buram
• Penglihatan sangat menyilaukan
• Menderita sakit mata
• Obyek terlihat lebih banyak dari yang sebenarnya
• Mata atau kelopak mata kemerahan atau bengkak

Melindungi mata anda dari paparan sinar matahari yang menyilaiukan mata dengan memakai kacamata hitam atau memakai topi pelindung untuk menghalangi radiasi ultraviolet (UV) saat berada diruang terbuka.

Masalah yang sering timbul pada mata
Beberapa masalah umum yang sering terjadi pada mata yang bisa menyebabkan atau menjadi tanda dari adanya masalah yang lebih serius data kita seperti dibawah ini.

Presbiopia
Presbiopia adalah ketidak mampuan untuk melihat benda-benda dekat atau benda yang berukuran kecil seiring bertambahnya usia seseorang.

Orang dengan presbiopia sering mengalami sakit kepala atau tegang, mata lelah. Kacamata baca biasanya memperbaiki masalah.

Floaters
Floaters adalah bintik kecil atau jaring laba-laba yang tampaknya mengapung pada penglihatan anda. Anda mungkin akan melihat hal ini saat berada di ruangan yang remang-remang.

Floaters merupakan hal yang biasa dari factor penuaan, tapi kadang-kadang Floaters adalah tanda dari masalah mata yang lebih serius seperti ablasi retina.

Tearing
Tearing (atau memiliki terlalu banyak air mata) bisa muncul karena beberapa factor sensivitas seperti cahaya, angin, atau perubahan suhu atau anda memiliki mata kering. Mengenakan kacamata hitam mungkin dapat membantu, atau mungkin juga dengan mencoba obat tetes mata.

Tearing ini juga kadang-kadang menjadi tanda adanya masalah mata yang lebih serius, seperti infeksi atau penyumbatan pada saluran air. Penanganan dari seorang ahli mata mungkin bisa membantu anda dalam mengatasi masalah ini.

Masalah kelopak mata
Masalah kelopak mata bisa terjadi akibat penyakit atau kondisi lainnya pada kelopak mata seperti kelopak mata merah dan bengkak dan gatal. Masalah-masalah ini dapat disebabkan oleh kondisi yang disebut blepharitis dan diobati dengan melakukan kompres hangat dan scrub lembut pada kelopak mata.