Penyebab Pori Wajah Menonjol

DUNIAMEDIS.NET – Tidak sedikit orang yang terlahir dengan memiliki kulit yang berminyak yang menyebabkan pori-pori besar. Adapun mereka yang memiliki pori-pori yang besar ddan menonjol ketika mereka menjadi semakin tua dan kulit kehilangan elastisitas alami.

Penyebab Pori Wajah Menonjol
Penyebab Pori Wajah Menonjol

Sebetulnya apa peran utama adanya pori-pori pada permukaan kulit? Padahal pori-pori peresepsi kebanyakan orang hanya sebagai masalah pada wajah. Inilah yang banyak orang tidak tahu bahwa pori-pori pada permukaan kulit, untuk memberikan minyak alami yang berguna untuk kulit sehingga kulit dapat tetap lembut dan terhidrasi.

Pori-pori menjadi menonjol dan terlihat ketika mereka diperluas, terinfeksi, atau tersumbat oleh minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar. Hal ini terjadi karena akumulasi kotoran, minyak, dan bakteri. Adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori secara permanen? Tidak ada metode yang bisa dilakukan untuk itu. Namun, dengan perawatan kulit wajah yang tepat Anda dapat membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Metode-metode berikut ini dapat membantu:

Cleansing

Jika pori-pori tersumbat oleh minyak alami, bakteri dapat bertumbuh dan mengakibatkan timbulnya jerawat. Dengan demikian, pori-pori terlihat lebih besar. Karena itulah pembersihan menyeluruh wajah merupakan keharusan. Secara teratur cuci muka dengan pembersih ringan yang cocok untuk jenis kulit Anda. Berhati-hatilah untuk tidak menggosok kulit Anda terlalu kasar karena dapat memperbesar pori-pori. Pembersihan harus diikuti dengan penerapan pelembab.

Exfoliation

Ini dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit yang cenderung menyumbat pori-pori. Gunakan scrub wajah dengan tekstur yang tidak terlalu kasar. Seiring dengan menyingkirkan kulit mati, juga mengekstrak keluar minyak dan kotoran terdapat di dalam kulit. Hal ini harus dilakukan seminggu sekali. Ini dapat memperbaik tekstur kulit dan pelembab dan produk perawatan kulit lainnya bisa terserap dengan baik ke dalam kulit. Exfoliating scrub yang mengandung asam glikolat dan asam salisilat dikenal lebih efektif.

Masker wajah

Masker wajah yang baik dapat menghapus kotoran dan minyak dari pori-pori dan mengurangi ukuran pori-pori. Letakkan masker tanah liat pada wajah dan biarkan sampai menjadi kering. Komponen alami tanah liat dapat membantu menyerap kelebihan minyak dari pori-pori dan mengencangkan kulit. Banyak orang menganggap ini sebagai cara terbaik untuk mengecilkan pori-pori.

Krim Anti Aging

Karena penuaan adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pembentukan pori-pori besar, kualitas krim anti penuaan yang baik dapat mengembalikan elastisitas kulit. Krim yang mengandung retinol, alpha hydroxy acids, dan vitamin esensial dapat meremajakan kulit lebih baik.

Mikrodermabrasi

Teknik ini melibatkan penggunaan kristal abrasif untuk menghapus kulit mati, kulit kering, dan membuat kulit tampak sehat. Dengan kata lain, ini dapat digambarkan sebagai bentuk intens dari exfoliation/pengelupasan. Hal ini dapat dilakukan oleh dokter kulit.

Ada beberapa pengobatan alami yang dapat mengecilkan pori-pori. Berikut ini adalah beberapa cara alami yang paling populer digunakan untuk mengecilkan pori-pori.

Jus Tomat

Ambil sedikit jus tomat dan terapkan pada seluruh wajah, kemudian biarkan selama sekitar 20 menit. Lalu bilas dengan air. Anda dapat menambahkan beberapa bubuk cendana ke dalam jus juga untuk hasil yang lebih baik.

Masker Wajah Alami

Masker wajah alami disini yang kami rekomendasikan yaitu dengan mencampur satu putih telur dan setengah sendok teh jus lemon. Aduk campuran dengan baik untuk membentuk busa yang lembut dan kemudian terapkan pada kulit. Biarkan kering sampai terasa ketat dan kemudian bilas dengan air dingin.

Bila Anda memiliki masalah pori-pori besar, Anda juga harus ekstra hati-hati tentang jenis-jenis makanan yang Anda makan. Buah dan sayur yang kaya antioksidan harus dimasukkan dalam pola makan Anda untuk mencegah penuaan kulit.

Minum banyak cairan dapat menjaga kulit terhidrasi dan membuat pori-pori kurang terlihat. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada pori-pori. Jadi terapkanlah tabir surya dan pakai topi saat Anda keluar di bawah sinar matahari.