Kelopak Mata Atas Bengkak

DUNIAMEDIS.NET – Dari banyaknya bagian kulit yang sensitif pada tubuh manusia, kulit pada area mata merupakan salah satunya sehingga sangat mudah mengalami pembengkakan oleh sesuatu. Selain itu pembengkakan bisa juga karena masalah alergi, infeksi bakteri atau karena virus.

Kelopak Mata Atas Bengkak
Kelopak Mata Atas Bengkak

Dengan kondisi mata seperti ini, maka jika mata mengalami sedikit saja gangguan dari luar, maka dapat terjadi kebengkakan ringan ataupun berat. Pembengkakan mata membuat siapa saja menjadi kurang percaya diri sebab pada bagian mata akan terlihat merah, mata sedikit membesar sehingga sehingga pandangan pun akan sedikit terganggu.

Pertanyaannya, mengapa bisa kelopak pada bagian mata bisa bengkak?

Tidak sedikit orang yang saat bangun dari tidurnya tiba-tiba saja mengalami sedikit berbeda pada bagian matanya dengan ditandai mata sulit untuk di buka, ada kotoran yang tiba-tiba keluar dari sela-sela mata, bahkan juga terasa ada nyeri jika kita sentuh area yang mengalami bengkak. Bengkak pada mata ada banyak macamnya, seperti yang dunia medis bahas pada kesempatan ini bengkak pada bagian kelopak atas maupun bagian bawah mata.

Perlu diketahui jika mata yang bengkak tanpa didasari oleh rasa nyeri, pada biasanya akan cepat sembuh hanya dengan istirahat yang cukup. Berbeda halnya dengan mata yang bengkak dan terasa sakit, masalah ini mungkin saja karena terjadinya infeksi. Jika Anda mengalami mata bengkak dan terasa sakit maka kami sarankan untuk mengkonsultasikan pada dokter mata.

Beberapa Alasan Kenapa Kelopak Mata Bengkak

Terlalu Lelah

Salah satu masalah yang harus diatasi oleh mata yaitu Anda teralu sibuk bekerja sehingga mata Anda menjadi lelah maka akibatnya mata menjadi bengkak karena mengalami penegangan. Jika Anda bercermin maka Anda menemukan mata terlihat sayu warna pada bagian mata mengalami perubahan dan sedikit coklat. Adapun cara terbaik mengatasinya cukup Anda banyak minum air putih dan istirahatkan tubuh hingga benar-benar sehat dan pulih.

Di Gigit Semut

Pernahkah Anda mengalami masalah ini? Tidak sedikit orang pernah mengalami ini, umumnya di rasakan saat bangun dari tempat tidur dan hendak membuka mata terasa berat dan gatal, ketika di sentuh sedikit sakit dan gatal, selain itu bengkak juga tidak berwarna merah. Anda tidak perlu khawatir karena tidak berbahaya, cara mengatasi dengan jangan menguceknya, cukup di kompres dengan air hangat secara perlahan dan hindari gerakan yang terlalu banyak agar bengkak tidak semakin besar.

Garam Beryodium

Mengkonsumsi garam terlalu banyak juga dapat membuat mata menjadi bengkak, alasannya karena tubuh yang di asup garam terlalu banyak akan membuat cairan di tubuh tertahan dan membuat kelopak mata bengkak.

Genetik Dan Usia

Kalau yang satu ini hampir tidak ada cara alami untuk mengatasinya, bengkak pada kelopak mata di kasus ini hampir sama dengan kantung mata. Salah satu cara yang bisa di lakukan dengan jalan Oprasi oleh dokter bedah. Alasan kenapa tidak ada cara alami mengatasinya sebab gentik bersifat alami dan usia juga karena faktor kulit yang telah kehilangan kekencangan ototnya.

Infeksi Virus Atau Bakteri

Kasus ini cukup banyak terjadi, infeksi pada jaringan kelopak mata dapat di tandai dengan gejala pembengkakan pada area sekitar mata. Umumnya bengkak mengalami peradangan atau nyeri bila di sentuh, berwarna kemerah-merahan dan mata mengeluarkan kotoran.

Jika Anda mengalami hal ini dan makin lama makin sakit maka sebaiknya segera konsultasi pada dokter agar segera di periksa lebih detail apakah berbahaya atau tidak. Sebab ada beberapa kasus infeksi ganas yang dapat mengakibatkan kebutaan.

Inti dari pembahasan dunia medis pada kesempatan ini, menjaga terjadinya masalah pada mata Anda, maka mulai sekarang sebaiknya menjaga kondisi tangan selalu bersih saat menyentuh sekitar mata. Selain dari itu gaya hidup sehat adalah cara paling baik mencegah mata bengkak maka selalu jaga polah hidup sehat. Demikian sedikit ulasan sharing dari dunia medis pada kesempatan ini. semoga bermanfaat.