Alasan Wanita Telat Datang Bulan

DUNIAMEDIS.NET – Menstruasi terjadi karena peluruhan dinding bagian dalam rahim. Ovarium secara rutin menghasilkan sel telur, yang mana jika tidak dibuahi akan memberikan sinyal pada rahim untuk memulai proses menstruasi tersebut. Jika ovarium terlambat menghasilkan sel telur maka akan mengalami keterlambatan menstruasi. Hal ini tentu saja menentukan masa subur yang akan merepotkan untuk perencanaan kehamilan.

Alasan Wanita Telat Datang Bulan
Alasan Wanita Telat Datang Bulan

Umumnya wanita mempunyai siklus menstruasi setiap 28 hari, dengan jarak berkisar antara 21 hari hingga 35 hari. Datangnya menstruasi akan berbeda-beda setiap bulannya, hal ini dikarenakan beberapa faktor. Untuk lebih jelasnya langsung saja Anda simak berikut ini;

Masalah Psikis

Di dalam kehidupan sehari-hari tentu banyak hal yang menyebabkan terjadinya stres, seperti tekanan lingkungan kerja, kelelahan dan urusan rumah tangga. Stres inilah yang menimbulkan ketidakseimbangan hormon yang dihasilkan tubuh, yang memicu terlambatnya ovulasi.

Faktor Usia

Di usia remaja tubuh mengalami peningkatan hormon sehingga bisa menyebabkan telat datang bulan. Hal ini juga berlaku di usia 45-55 tahun atau awal menopause. Tubuh mengalami penurunan hormon sehingga menyebabkan haid kurang teratur. S

Faktor PCO

Faktor PCO atau polycystic ovary dimana tubuh wanita menghasilkan lebih banyak hormon pria Androgen-Testosteron daripada hormon wanita Estrogen dan Progesteron. Tentu saja masalah ini menyebabkan ovarium tidak dapat menghasilkan sel telur yang sempurna. Jika hal tersebut berlangsung lama atau berbulan-bulan, tentu saja kemungkinan buruknya sulit mengalami kehamilan.

Faktor Berat Badan

Mengalami obesitas bisa menyebabkan terlambat haid. Penyebabnya adalah berat badan bisa merusak fungsi organ tubuh, seperti organ kewanitaan. Sedangkan untuk berat badan dibawah normal, maka tidak akan terjadi ovulasi.