Makanan dan Suplemen Penambah Cairan Sinovial

DUNIAMEDIS.NET – Cairan Sinovial merupakan cairan pelumas antar tulang fungsinya menghindarkan ujung-ujung tulang saling bergesekan satu dengan yang lain yang berakibat terjadinya penipisan. Jika seseorang kekurangan cairan sinoval maka akan merasakan nyeri pada bagian persendiannya. Penyebabnya karena aktivitas Anda sehari-hari (berjalan, mengangkat beban berat, dll).

makanan-dan-suplemen-penambah-cairan-sinovialMakanan yang baik untuk membentuk cairan sinovial yaitu makanan yang mengandung omega 3 –  lemak sehat karena sudah terbukti sangat baik untuk sendi yang sehat. Asam lemak omega-3 dapat membentuk senyawa prostaglandin yang diketahui memiliki sifat anti-peradangan sehingga dapat menurunkan risiko radang sendi.

Omega 3 juga diketahui dapat mempercepat penyembuhan ligament (jaringan ikat antara tulang dngan tulang. Makanan yang banyak mengandung omega-3 diantaranya ikan salmon, sardine, herring, kacang-kacangan dan kedelai. Selain itu untuk konsumsi buah siwalan dapat menambah cairan sinovial pada sendi dan juga rajinlah berolahraga ringan.

Untuk suplemen penambah cairan sinovial sudah dikenal yaitu Glucosamine dan Chondroitin – Kombinasi bagi tulang dan sendi. Kombinasi tersebut mampu membantu mengurangi risiko radang sendi serta mencegah kerusakan persendian terutama pada penderita osteoarthritis. Glucosamine merupakan salah satu komponen penyusun tulang rawan dan minyak synovial (cairan sendi).

Konsumsi glucosamine dapat meningkatkan volume minyak synovial sehingga dapat mencegah peradangan sendi. Sementara itu, chondroitine merupakan komponen utama penyusun tulang rawan yang melapisis tulang dan sendi. Karena itulah, konsumsi chondroitine sangat baik untuk melapisi sendi sehingga mencegah radang sendi.

Kombinasi antara glucosamine dengan chondroitine lebih efektif dalam mengurangi nyeri sendi dan memperbaiki fungsi sendi dibandingkan suplementasi yang hanya dengan glucosamine atau hanya chondrotine saja. Karena itu, lebih disarankan menggunakan kombinasi keduanya untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Secara umum, air memang sangat diperlukan untuk kebutuhan fungsional tubuh dan menyusun lebih dari 60% keseluruhan berat tubuh orang dewasa. Pelumas sendi atau yang dikenal sebagai cairan sinovial sebagian besar terdiri dari air.

Konsumsi air yang cukup sangat baik untuk membantu sistem bantalan sendi dan melumasi jarak antar sendi sehingga gesekan atau nyeri sendi dapat dihindari . 20% kebutuhan air dapat dipenuhi dari makanan, akan tetapi 80% tetap diperoleh dari minuman. Untuk itulah perlu konsumsi 8 gelas air setiap hari untuk sendi yang sehat.