5 Cara Meredam Emosi dan Meningkatkan Keharmonisan Keluarga

Cara Mencegah Keretakan Dalam KeluargaDalam hidup berumahtangga, ada kalanya kita dihadapkan pada situasi dan waktu dimana pertengkaran dan kesalahpahaman bisa menimbulkan keretakan dalam rumah tangga.

Tidak jarang pertengkaran itu mengakibatkan gagalnya sebuah pernikahan. Dalam kebanyakan kasus, perceraian dipandang sebagai jawaban mudah untuk sebuah pernikahan yang gagal, meskipun hal ini bukanlah jalan yang tepat dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

Melakukan jalan pintas dengan memilih jalan cerai sebenarnya hanya menciptakan permasalahan baru yang berkepanjangan baik pada psikologis kedua pasangan maupun pada anak-anak mereka.

Oleh karena itu, sebelum perceraian ini terjadi dalam rumahtangga kita, meredam amarah dalam pertengkaran adalah jalan satu-satunya untuk menyelematkan keharonisan dalam rumah tangga kita.

Ada beberapa saran yang mungkin bisa membantu dalam meredam emosi kita agar bisa dikendalikan sekaligus menormalkan kembali keharmonisan dalam rumah tangga kita.

5 Cara Meredam Emosi dan Meningkatkan Keharmonisan Keluarga

1. Luangkan waktu untuk menyendiri
Mengendalikan emosi dengan cara menyendiri dalam beberapa saat dan berpikir tentang aspek-aspek positif dari sebuah pernikahan biasanya mampu mengendalikan emosi kita.

2. Minum Air Putih
Air putih dapat mengubah suasana hati dan mood seseorang utamanya bagi mereka yang sedang emosi. Jadi jika anda sedang merasa emosi atau marah, cobalah minum segelas air putih untuk mengembalikan suasana hati anda agar kembali normal.

3. Sholat
Jika anda seorang muslim, salah satu cara yang ampuh untuk menenangkan hati yang sedang emosi yaitu dengan mengambil air wudhu lalu melakukan sholat dan inysa Allah hati anda kembali tentram.

4. Komunikasi yang intensif
Kurangnya komunikasi dan kesalahpahaman sering kali menjadi penyebab utama dalam kegagalan sebuah pernikahan. Anda harus terbuka tentang hal-hal yang anda suka, tidak suka, prioritas dan harapan yang anda ingin capai dengan pasangan anda.

Hal yang membuat kurangnya keharmonisan dalam rumahtangga adalah karena faktor diskomunikasi karena seseorang tidak memiliki kemampuan untuk mendengarkan orang lain yang juga dapat menyebabkan keretakan hubungan.

5. Meluangkan Waktu Bersama
Meluangkan waktu bersama adalah salah satu cara yang berguna untuk menyalakan kembali asmara yang meredup. Kadang-kadang, mitra tidak punya waktu untuk selalu berduaan karena factor kesibukan dan faktor lainnya.

Menghabiskan waktu dengan pasangan akan mengeratkan ikatan kedua pasangan. Melakukan liburan bersama dengan mengunjungi tempat-tempat liburan atau bahkan dapat mengunjungi tempat di mana anda pertama kali bertemu, bercinta dan mengingat semua kenangan yang indah selama pacaran.

Mengendalikan emosi disaat amarah anda memuncak akan menyelematkan keutuhan rumahtangga anda. Perceraian bukanlah solusi yang baik untuk jawaban sebuah pertengkaran bahkan justru hanya menciptakan masalah baru baik diri anda, pasangan anda maupun pada anak-anak anda.

Dan semoga 5 Cara Meredam Emosi dan Meningkatkan Keharmonisan Keluarga diatas bisa dijadikan solusi untuk mengendalikan emosi anda.