5 Penyakit Yang Bisa Disembuhkan Tanpa Antibiotik

DUNIAMEDIS.NET – Antibiotik merupakan resep obat yang digunakan untuk mengobati tubuh saat sakit. Namun perlu Anda ketahui bahwa penyalahgunaan obat bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, Anda harus tahu tentang kapan tubuh memerlukan antibiotik. Nah berikut ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan tanpa antibiotik;

5 Penyakit Yang Bisa Disembuhkan Tanpa Antibiotik
5 Penyakit Yang Bisa Disembuhkan Tanpa Antibiotik

Infeksi Telinga

Infeksi telinga pada umumnya dialami pada anak-anak. Infeksi telinga akan menyembuhkan dirinya sendiri dalam 3 hari untuk usia 2 tahun atau lebih tua. Antibiotik bisa digunakan saat infeksi menimbulkan rasa nyeri.

Eksim

Saat mengalami eksim, Anda tidak perlu menggunakan antibiotik. Cukup dengan melembabkan kulit dan menghindari iritasi. Antibiotik bisa digunakan ketika infeksi bakteri menimbulkan luka penuh nanah demam dan benjolan.

Mata Merah

Mata merah disebabkan bakteri. Meskipun begitu, mata merah akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 10 hari. Penggunaan antibiotik saat mata merah menularkan bakteri dan sistem imun menurun.

Infeksi Pernapasan

Flu, pilek dan batuk merupakan gangguan pernapasan disebabkan oleh virus. Penyakit ini sebenarnya tidak memerlukan antibiotik. Gejala tersebut akan hilang dalam 10 atau 14 hari.