Mengenal Lebih Dekat Rematik

DUNIAMEDIS.NET – Rematik merupakan penyakit yang menyerang di bagian persendian, otot atau tulang. Bahkan ada orang yang mengatakan bahwa rematik disebabkan persendian mengalami pembekakan, kadar asam urat meningkat dan mandi malam.

Mengenal Lebih Dekat Rematik
Mengenal Lebih Dekat Rematik

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja Anda simak berikut ini;

Penyebab Rematik

Rematik dapat muncul diusia tua maupun muda, tergantung dibeberapa kondisi. Rasa nyeri pada sendi atau tulang dikarenakan beberapa hal, yaitu;

Peradangan Sendi

Masalah ini sering dialami yang masih berusia muda. Sendi mengalami pembekakan dan menjadi kaku setiap pagi selama 1 jam. Untuk penanganannya harus segera ke dokter agar tidak menyebabkan nyeri sendi yang lebih berat.

Pengapuran atau Osteoartritis

Hal ini dapat terjadi disebabkan penipisan pada rawan sendi. Akibatnya tulang saling berbenturan karena tidak adanya perlindungan.

Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis

Osteoporosis hanya menyerang orang tua karena menurunnya metabolisme tubuh. Osteoporosis artinya kepadatan dan massa tulang menipis.

Selain itu, bisa juga disebabkan penggunaan obat-obatan atau penyakit tertentu.

Cara Untuk Mengurangi Terjadinya Osteoporosis, yaitu:

Penuhi Kalsium Harian

Orang dewasa membutuhkan kalsium 1000 mg hari. Sumber kalsium dapat diperoleh dari susu, ikan teri, dan makanan sejenisnya.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Mengkonsumsi alkohol dan merokok merupakan cara hidup yang tidak sehat. Karena kedua hal ini penyebab utama terjadinya osteoporosis.

Olahraga

Melakukan olahraga seperti berjalan, berenang dan bersepeda dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Pastikan Anda melakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari.