Cara Tepat Membersihkan Telinga

DUNIAMEDIS.NET – Telinga adalah salah satu organ vital dari tubuh manusia. Seperti yang Anda ketahui bahwa fungsi utama telinga sebagai penerima gelombang suara lalu disalurkan ke otak. Bahkan, telinga juga memiliki fungsi lain seperti menjaga keseimbangan tubuh. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kesehatannya.

Cara Tepat Membersihkan Telinga
Cara Tepat Membersihkan Telinga

Serumen atau kotoran telinga sebenarnya proses pembersihan telinga secara alami. Serumen sendiri akan terdorong keluar hingga ke daun telinga Anda.

Nah cara pembersihannya harus dilakukan secara benar agar tidak mengganggu kesehatan. Berikut ini ada beberapa cara tepat membersihkan telinga;

– Gunakan cairan baby oil

– Jangan pernah membersihkan telinga terlalu dalam. Apalagi jika Anda menggunakan cotton bud cukup sebatas daun telinga. Karena dikhawatirkan kotoran bisa terdorong ke dalam.

– Saat telinga terasa gatal, sebaiknya gunakan kapas yang sudah dicelupkan air panas.

– Jika kotoran telinga mengeras, gunakan cotton bud yang berbentuk kail. Ingat, pilih alat pembersih telinga yang berbahan logam.

– Hindari membersihkan telinga terlalu sering. Karena akan menyebabkan produksi kelenjar minyak berlebihan.

– Jika mendapat masalah yang serius, segera periksa ke dokter THT.

– Anda juga dapat memasukan air ke telinga saat mandi. Lalu segera miringkan kepala untuk mengeluarkan airnya. Jangan menggunakan air terlalu hangat atau dingin karena bisa menyebabkan vertigo.