Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang Selama Kehamilan

Menu untuk Ibu HamilDiet sehat selama awal kehamilan adalah tantangan lain selama kehamila, mengingat morning sickness dan mengidam biasanya sangat mengganggu selera makan dan suasana hati anda selama trimester pertama kehamilan.

Meningkatkan nutrisi penting selama kehamilan sangat diperlukan untuk kesehatan anda dan bayi anda sendiri. Meski demikian anda tidak harus asal dalam memilih menu makanan anda karena tidak semua jenis makanan yang bisa anda konsumsi.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dianjurkan dalam diet anda serta makanan yang dilarang untuk dikonsumsi selama trisemester kehamilan.

Diet yang Dianjurkan Selama Kehamilan

Diet Tinggi Serat

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk menyertakan makanan kaya serat dalam diet harian mereka karena makanan yang tinggi serat adalah sumber terbaik untuk semua kebutuhan janin anda.

Beberapa diet serat khusus untuk ibu hamil seperti roti gandum utuh, biji-bijian, beras, sereal, buah-buahan mentah dan sayuran banyak berdaun hijau dan kacang-kacangan dimasak.

Makanan ini merupakan sumber energi yang dibutuhkan selama kehamilan. Sekitar 5-10 porsi diet serat tinggi harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari seorang wanita hamil. Daging, susu ikan dan unggas harus disertakan dalam jumlah yang cukup.

Kalsium dan Vitamin

Makanan yang kaya kalsium dan makanan yang tinggi vitamin dan mineral harus dimasukkan dalam diet selama kehamilan. Tingkat vitamin D dan asam folatjuga harus dipertahankan untuk menghindari komplikasi pada kehamilan.

Tingkat protein, omega-3 asam lemak dan kadar vitamin C harus dipertahankan dengan cukup dengan mengkonsumsi ikan, buah-buahan dan sayuran. Makanan yang kaya Zat besi harus dikonsumsi untuk membantu dalam sirkulasi darah. Anda juga dapat memilih suplemen kalsium dan vitamin namun harus atas nasihat dokter.

Makanan yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Ada beberapa hal yang harus dihindari selama kehamilan, karena mereka dapat menyebabkan masalah pada kesehatan ibu serta janin.

Makanan yang harus dihindari selama kehamilan termasuk ikan yang mengandung tinggi merkuri, daging mentah(sushi) atau segala daging yang dimasak kurang matang.

Buah-buahan seperti Pepaya muda, Nenas muda, Durian dan beberapa jenis buah yang bersifat panas lainnya bisa menyebabkan keguguran.

Meningkatkan nutrisi sangat penting selama kehamilan sangat demi kesehatan anda dan bayi anda sendiri. Meski demikian anda tidak harus asal dalam memilih menu makanan anda karena tidak semua jenis makanan yang bisa anda konsumsi.

Dan semoga Diet Sehat dan Makanan yang Dilarang Selama Kehamilan diatas bisa menjadi bahan pengingat anda dalam memilih menu harian anda.