Cara Mengatasi Rambut Yang Beruban Dini

Cara Mengatasi Rambut Yang Beruban Dini

DUNIAMEDIS.NET – Uban merupakan rambut yang berwarna putih yang pada umumnya muncul pada orang yang sudah berumur. Tetapi tidak jarang pula uban muncul pada anak berusia muda.

Sebenarnya uban muncul bukan hanya karena faktor umur. Ada banyak faktor penyebab lain munculya uban, antara lain sebagai berikut:

Usia

Memang tidak bisa dipungkiri apabila kita sudah berumur rambut kita pasti beruban, dikarenakan semakin bertambahnya umur kita pigmen warna rambut kita semakin berkurang bahkan hilang.

Genetik

Faktor genetik memang memegang peran penting akan hal kapan Anda akan kehilangan pigmen warna rambut Anda. Jika kedua orangtua Anda beruban secara prematur, maka Anda pun akan mengalami hal yang sama.

Selain itu orang yang rambutnya hitam legam cenderung lebih cepat beruban dibandingkan dengan orang yang memiliki rambut berwarna kecoklatan atau pirang.

Merokok

beberapa studi observasi menemukan hubungan antara merokok dan tumbuhnya uban, demikian menurut Mirmirani seorang ahli kedokteran. Penyebabnya kemungkinananya yaitu radikal bebas yang diproduksi saat seseorang merokok. Seperti yang kita tahu asap rokok juga bisa menyebabkan kulit keriput dan gigi menguning.

Stres

Stres yang dialami dari hari ke hari mungkin tidak akan mempengaruhi warna rambut, tetapi rasa gelisah yang sangat kuat bisa menyebabkannya.

Belum ada penjelasan secara pasti akan hal itu, tetapi Mirmirani mengatakan bahwa stressful bisa memberikan pengaruh fisiologis. Hal ini kemudian dapat menimbulkan perubahan dalam pigmentasi dan siklus rambut.

Cara Mengatasi Rambut Yang Beruban Dini

Sebenarnya ada sejumlah cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah uban, yaitu:

Minyak Kelapa

Anda bisa mencampurkan minyak kelapa dan air jeruk nipis kemudan usapkan pada rambut Anda, setelah itu remas-remas lalu biarkan selama 15 menit setelah itu bilas. Jika rutin digunakan, minyak kelapa bisa membantu mengembalikan warna rambut.

Minyak Kemiri

Sangrai beberapa biji kemiri kemudian tumbuk hingga mengeluarkan minyak, setelah itu usapkan pada rambut Anda dan diamkan 15 menit, Setelah itu bilas hingga bersih.

Yoghurt Pahit

Campurkan satu gram kopi bubuk danlada hitam dengan 100 gram yogurt tanpa gula. Kemudian oleskan dengan halus ke kulit kepala dan rambut Anda. Setelah satu jam cuci dengan air hangat dan keramas dengan shampo.

Lakukan cara ini setiap minggu agar Anda mendapat hasil yang baik. Selain ampuh untuk mengatasi uban, campuran ini punbisa membuat rambut Anda lebih bersinar dan bisa mencegah ketombe.

Mengusap Rambut dengan Kuku

Cara yang terbilang tidak masuk akal ini merupakan cara ampuh yang bisa Anda coba. Sejak lama suku indian dan ahli obat-obatan Ayurveda melakukan hal ini. Untuk melakukannya, lipat kedua telapak tangan Anda ke dalam dan dekatkan sisi kuku yang satu dengan yang lain.

Gerakan dengan cepat dan berulang cara ini diyakini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kepala, membuat akar rambut lebih kuat, dan mempertahankan warna hitam rambut. Tetapi cara ini butuh waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya, yaitu setengah tahun.

Mengoleskan Jus Labu

Campuran jus labu dan minyak zaitun bisa membantu rambut lebih sehat, berkilau dan tebal, selain itu bisa mengatasi rambut beruban.

Menggunakan Teh

Campur air daun teh dengan satu sendoh teh garam. Kemudian letakkan di kepala dan rambut Anda selama satu jam lalu cuci bilas dengan air. Lakukan cara ini setiap hari selama 10 hari maka rambut Anda akan terbebas dari uban.

Makanan Tinggi protein

Tambah asupan protein Andadengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti, gandum, kacang, daging, ikan dan ayam. Semua makanan itu sangat berguna untuk mengatasi uban.

***

Demikian beberapa cara mengatasi rambut yang beruban dini. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.