Manfaat Berolahraga untuk kesehatan

Olahraga untuk Menurunkan Berat BadanOlahraga teratur merupakan bagian penting dalam program penurunan berat badan yang efektif. Dengan berolahraga secara teratur akan membantu kita dalam  mengontrol berat badan.

Olahraga akan mencegah penimbunan lemak dalam tubuh kita dengan cara menggunakan kelebihan kalori yang seharusnya disimpan sebagai lemak oleh tubuh kita, manfaat lainnya seperti  meningkatkan metabolisme anda dan menurunkan tingkat insulin.

Aktivitas fisik juga membantu mencegah berbagai macam penyakit dan meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Berat badan kita ditentukan oleh jumlah kalori yang kita makan dalam setiap harinya dan kalori ini akan dimanfaatkan sebagai energi dalam berbagai aktivitas harian kita.

Menyeimbangkan antara jumlah kalori yang kita makan dan jumlah kebutuhan tubuh akan membantu kita dalam mencapai berat badan yang kita inginkan.

Kunci sukses dari program penurunan penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan adalah selalu melakukan aktivitas fisik.

Manfaat Berolahraga untuk kesehatan
Berolahraga teratur dan kombinasi makan sehat adalah cara yang paling efisien dan menyehatkan sekaligus untuk mengontrol berat badan kita.
Beberapa manfaat berolahraga yang teratur dapat membantu mencegah beberapa penyakit diantaranya:

1. Penyakit jantung dan stroke
Aktivitas fisik dalam hal ini adalah berolahraga secara rutin dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke dengan cara memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat), melancarkan aliran darah dan meningkatkan fungsi dan kapasitas kinerja hati.

2. Tekanan darah tinggi.
Olahraga teratur dipercaya dapat mengurangi tekanan darah pada individu yang menderita hipertensi.

3. Diabetes
Dengan mengurangi lemak tubuh melalui aktivitas fisik dapat membantu dalam mencegah dan mengendalikan diabetes tipe 2.

4. Nyeri punggung
Bagi anda yang sering merasakan nyeri punggung karena kebisaan duduk lama atau selalu mengangkat beban berat anda bisa melalukan olah raga secara rutin setiap pagi.

Dengan berolah raga secara teratur dapat mengurangi nyeri punggung anda, karena hal ini akan meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga nyeri punggung anda akan berkurang dan bahkan hilang sama sekali.

5. Osteoporosis
Latihan beban secara rutin dapat meransang pembentukan tulang yang kokoh dan dapat mencegah pengoroposan dan hilangnya kepadatan tulang yang berkaitan faktor penuaan.

6. Menghilangkan Stress

Aktivitas fisik yang teratur juga dapat meningkatkan mood dan rasa percaya diri anda. Dengan berolahraga, kemungkinan juga akan mengurangi depresi dan kecemasan sehingga anda dapat mengelola stres. Olahraga adalah obat antidepresan alami dan tanpa mengeluarkan biaya.

Olah raga secara teratur sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, membiasakan berolahraga berarti anda secara tidak langsung membudayakan hidup sehat dengan cara mudah dan gratis.