Penyebab Rasa Sakit Saat Berhubungan Intim

Penyebab Rasa Sakit Saat Berhubungan IntimSalah satu masalah yang paling umum yang dihadapi sebagai dokter ahli kandungan setiap hari dari pasiennya adalah keluhan mengenai rasa sakit saat berhubungan intim.

Istilah medis untuk hubungan seksual yang menyakitkan ini adalah Dispareunia. Dan kondisi ini sendiri dapat dibagi menjadi dua yaitu Dispareunia superficial dan Dispareunia dalam.

Jika dispareunia superficial rasa sakitnya hanya dangkal saja mencakup bagian luar dan dalam vagina tetapi tidak ke bagian paling dalam, maka dispareunia dalam rasa sakitnya jauh di dalam panggul dan perut bagian bawah.

Dispareunia superficial

Dispareunia superficial adalah keluhan yang sangat umum dan paling umum disebabkan oleh infeksi vagina bagian dalam.
Dan apa pun yang menghambat penetrasi seperti jaringan parut, sebuah entri yang terlalu sempit, tag himen menyakitkan, selaput dara imperforata, prolaps vagina, atau kista atau pertumbuhan di vagina bisa menyebabkan rasa sakit.

Pada wanita yang lebih tua dan kadang-kadang wanita yang masih muda, rasa sakit saat berhubungan intim disebabkan karena kekeringan pada vagina.

Dispareunia dalam

Dispareunia dalam rasa sakitnya jauh di dalam panggul atau perut bagian bawah. Alasan yang paling umum adalah rahim retroverted alias rahim terbalik. Kondisi ini terjadi ketika rahim menghadap ke bawah. Sekitar 20% dari rahim terbalik adalah normal.

Masalah yang lebih serius lainnya dari Dispareunia dalam seperti endometriosis, adenomiosis (endometriosis rahim), kista ovarium atau infeksi panggul (baik yang akut maupun kronis) semua dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan intim.

Demikianlah mengenai penyebab rasa sakit saat berhubungan intim diatas semoga menjagi perhatian anda untuk memeriksakan diri anda kedokter kandungan anda untuk mencari solusi yang tepat.