5 Penyebab Bintik-Bintik Hitam Pada Kulit Tangan

5 Penyebab Bintik-Bintik Hitam Pada Kulit TanganBintik-bintik hitam bisa muncul pada bagian kulit mana saja, terutama pada bagian kulit tangan dan wajah kita.

Munculnya bintik-bintik hitam pada kulit dapat mempengaruhi keindahan kulit kita dan hal ini tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja jika kita ingin mempertahankan keindahan dan kecantikan kulit kita.

Munculnya bintik-bintik hitam pada kulit tidak lepas dari pengaruh melanin yang kita miliki. Melanin ini merupakan pemberi warna yang normal pada kulit, namun jika produksi melanin ini sangat berlebihan maka muncullah masalah kulit berupa bintik-bintik hitam.

Penyebab produksi melanin sampai berlebihan biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, utamanya karena pengaruh sinar UV matahari.

Selain karena pengaruh sinar UV matahari, penyebab bintik-bintik hitam pada tangan biasanya juga karena pengaruh defisiensi beberapa vitamin serta karena kondisi penyakit.

Bintik-bintik hitam yang muncul mungkin karena tubuh kekurangan vitamin C atau B12, anemia, gangguan pada fungsi hati atau kerusakan akibat sinar matahari. Jadi sangat penting untuk menyelidiki setiap penyebab dari bintik-bintik hitam pada kulit kita.

Jika bintik-bintik hitam yang muncul karena kurangnya nutrisi penting diatas maka pemberian suplemen vitamin dan meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran merupakan cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Dan berikut ini adalah kemungkinan penyebab munculnya bintik-bintik hitam pada kulit tangan yang terangkum dibawah ini:

1. Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C bisa menimbulkan penyakit kudis, dan gejala penyakit kudis sendiri seperti gusi berdarah, munculnya bintik-bintik gelap pada kulit dan sebagainya.

2. Kurangnya vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan lesi, termasuk hiperpigmentasi seperti itu bercak hitam kecoklatan.

3. Anemia Fanconi

Anemia Fanconi adalah jenis anemia yang diturunkan secara genetik dan buka disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Gejala utama penyakit ini bintik-bintik hitam kecoklatan pada kulit.

4. Lemahnya Fungsi Hati

Lemahnya fungsi hati salah satu penyebab munculnya bintik-bintik hitam pada kulit tangan dan bagian-bagian kulit lainnya.
Seperti kita ketahui bahwa hati bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi serta membersihkan tubuh dari racun-racun yang beredar dalam darah.

Hati membantu tubuh dalam menyaring darah, menghilangkan bahan kimia berbahaya yang mengandung radikal bebas, unsur-unsur yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit.

Gangguan pada fungsi hati memiliki gejala-gejala eksternal seperti ruam, kulit gatal dan bintik-bintik hitam kecoklatan pada kullit.

5. Akibat paparan sinar matahari

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari seperti munculnya bintik-bintik hitam atau lentigo. Bintik-bintik hitam ini paling sering terlihat pada wajah dan tangan. Dan biasanya muncul setelah kita memasuki usia pertengahan. Untungnya bintik-bintik hitam ini dapat memudar dengan sendirinya ketika kita memberikan perwatan pada kulit kita.

Nah, demikianlah mengenai 5 Penyebab Bintik-Bintik Hitam Pada Kulit Tangan diatas dan semoga artikel ini menjadi informasi yang bernilai bagi kita semua.