Manfaat Nyata Buah Alpukat Pada Kesehatan

Manfaat Nyata Buah Alpukat Pada KesehatanTekstur lembut dan rasa lezat dalam buah alpukat menjadikan buah ini semakin diminati oleh sebagian orang, utamanya jika dibuat dalam bentuk jus.

Dan selain dari rasa lezatnya buah alpukat ini mengandung sejumlah nutrisi penting untuk tubuh. Buah alpukat ini dikemas dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkanserta kalium dan serat yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

Berikut adalah manfaat nyata buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu untuk kita ketahui bersama.

Untuk kesehatan kulit

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal lemak yang tinggi pada buah alpukat mampu mempertahankan tingkat kelembaban alami kulit.

Antioksidan kuat seperti lutein, alpha dan beta karoten, zeaxanthin serta beta cryptoxanthin dalam alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit terhadap kerusakan yaang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu antioksidan ini juga mampu mencegah penuaan dini dengan mengurangi pembentukan garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi bantu buah ini dalam pembentukan elastin dan kolagen (yang melindungi struktur dan kekencangan kulit). Alpukat juga sarat dengan kulit yang ramah vitamin E.

Melawan Arthritis

Buah super kaya minyak alami yang membantu untuk mengurangi rasa sakit karena osteoarthritis. Lemak tak jenuh tunggal (asam oleat) dalam alpukat membantu untuk mempromosikan perbaikan tulang rawan. Selain itu, buah alpukat juga mengandung properti anti-inflamasi berupa asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat.

Para pitosterol yang hadir dalam alpukat mampu mencegah sintesis prostaglandin pro-inflamasi E2 dalam jaringan ikat sehingga hal Ini memberikan bantuan dalam meringankan gejala pada pasien yang menderita rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

Mencegah Diabetes

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dalam alpukat mengatur kadar gula darah dengan membalik resistensi insulin. Kandungan serat yang tinggi buah ini dapat mengontrol diabetes tipe II dengan memastikan gula darah lebih terkontrol dengan baik.

Alpukat memiliki kalium yang lumayan tinggi yaitu mineral penting yang membantu fungsi saraf dan mencegah neuropati diabetes.

Menurunkan kolesterol jahat (LDL)

Lemak tak jenuh tunggal atau MUFA dalam alpukat (asam oleat khusus), membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan LDL (kolesterol jahat). Alpukat yang dikemas dengan kolesterol menghancurkan sitosterols beta yang menurunkan jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Mengkonsumsi alpukat juga bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain dari mengkonsumsi buah alpukat ini. Dan manfaat selanjutnya akan dibahas pada pembahasan berikutnya.