Tips Untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Tips Untuk Meningkatkan Fungsi OtakOtak merupakan salah satu organ paling penting dari tubuh kita dan dapat mengalami penurunan fungsi karena pengaruh penuaan dan faktor minimnya nutrisi untuk otak.

Oleh karena itu jika anda ingin meningkatkan fungsi otak anda maka anda perlu memperhatikan nutrisi otak anda sediri.
Ada beberapa makanan yang dapat membantu dalam menutrisi otak dan melindunginya dari kerusakan radikal bebas serta memberikan latihan khusus padanya.

Tips untuk meningkatkan fungsi otak

Sebelum melihat ke dalam makanan yang membantu dalam meningkatkan kekuatan otak, berikut adalah beberapa tips mudah yang dapat memberikan banyak manfaat dalam meningkatkan memori dan konsentrasi anda.

Latihan sehari-hari adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan otak karena dengan berolah raga dapat meningkatkan suplai darah ke otak dan meningkatkan kesehatan neuron anda.

Tidur 7 sampai 8 jam dapat menenangkan otak dan juga membantu dalam meningkatkan fungsi otak.
Meningkatkan kesehatan pencernaan dengan memasukkan lebih banyak prebiotik dan probiotik dalam diet karena usus sangat berkaitan erat dengan otak.

Latihan otak seperti bermain catur, mengisi teka-teki silang kata atau membantu meningkatkan kapasitas penalaran kompleks adalah beberapa jenis latihan otak yang bisa meningkatkan fungsi otak anda.

Selanjutnya adalah makanan yang dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, dapat anda lihat pembahasannya dibawah ini.

Ikan salmon, sarden dan herring.

Ikan salmon, sarden dan herring adalah jenis ikan yang sangat tinggi peranannya untuk peningkatan otak karena mereka sarat dengan asam lemak omega-3 yang dikenal mampu meningkatkan fungsi otak.

DHA (docosahexaenoic acid) yang ada pada asam lemak omega 3 sangat bermanfaat bagi otak. suplemen gizi ini mampu meningkatkan efektivitas korteks prefrontal dorsolateral otak yang secara langsung berhubungan dengan kinerja memori.

Buah Alpukat

Alpukat adalah jenis buah yang sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan otak. Manfaat alpukat bagi kesehatan sudah dikenal dan juga membantu dalam meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak, dan lebih baik berarti aliran darah dan otak sehat dengan kemampuan kognitif yang lebih baik.

Meskipun dikenal sebagai buah lemak, alpukat sarat dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat yang membantu dalam mengontrol tekanan darah tinggi yang juga membantu untuk menjaga kesehatan otak.

Antioksidan vitamin E hadir dalam alpukat melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif dan vitamin K mengurangi risiko stroke. Disarankan untuk mengkonsumsi 1/4 atau 1//2 buah alpukat setiap harinya.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti kenari, kacang mete, kacang Brasil dan almond bermanfaat bagi kesehatan. Jenis kacang-kacangan menjadi sumber yang kaya vitamin E, mereka membantu dalam mencegah penurunan kognitif yang berhubungan dengan penuaan.

Asam lemak omega 3 yang hadir dalam kacang-kacangan ini meningkatkan fungsi neurotransmitter. Demikian pula halnya dengan biji bunga matahari, biji rami dan biji wijen juga sumber asam lemak omega 3 nabati yang baik.

Minuman Kopi

Salah satu manfaat minum kopi bagi kesehatan adalah membantu meningkatkan fungsi dan kinerja otak dengan meningkatkan memori dan konsentrasi.

Stimulan kafein pada kopi membuat orang lebih pintar dengan menghalangi penghambat neurotransmitter yang dikenal sebagai Adenosin di otak, yang pada gilirannya meningkatkan transfer impuls melalui neuron dan menaikkan pelepasan neurotransmiter – dopamin dan norepinefrin.

Dan efek positif dari minum kopi pada otak tidak hanya untuk jangka pendek saja. Dengan mengkonsumsi kopi secara teratur dapat melindungi otak dari usia terkait gangguan neurodegenerative seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Jadi jika ingin meningkatkan fungsi otak terletak pada diet kita sendiri dan bagaimana memberikan pelatihan pada otak kita sendiri. dan semoga Tips Untuk Meningkatkan Fungsi Otak diatas bisa menjadi masukan yang berarti untuk kesehatan otak kita.