5 Obat Pilihan untuk Atasi Batu Ginjal

Obat Alami untuk Batu GinjalBatu Ginjal merupakan akumulasi dari pengendapan beberapa zat yang mengkristal yang bisa menghambat sekresi urin dari ginjal sehingga menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan.

Batu ginjal dapat diobati dengan obat peluruh batu ataupun obat-obatan medis hingga bedah dokter. Selain itu, batu ginjal juga dapat diatasi dengan beberapa jenis pengobatan rumah yang mungkin bisa ditempuh.

5 Obat Pilihan untuk Atasi Batu Ginjal

1. Jus Semangka untuk Peluruh Batu Ginjal
Semangka dengan nama ilmiah Citrullus lanatus memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kita. Buah semangka yang telah matang dapat dikonsumsi secara langsung maupun dibuat dalam bentuk jus.

Buah semangka ini juga di golongkan dalam buah diuretik (mempercepat pembentukan urin) yang teraman dan terbaik. Oleh karena itu, sering mengkonsumsi daging buah semangka mampu menghambat peningkatan volume batu ginjal selanjutnya.

2. Anggur untuk atasi Batu Ginjal
Anggur memiliki nilai diuretik yang luar biasa karena mengandung kadar air dan garam kalium yang tinggi. Manfaat buah anggur ini salah satunya untuk meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah gangguan yang berhubungan dengan fungsi ginjal.

Kandungan klorida albumin dan natrium yang rendah yang terdapat pada buah anggur ini bisa digunakan sebagai obat yang sangat baik untuk penderita batu ginjal.

3. Lobak (Raphanus sativus)
Lobak dengan nama ilmiah Raphanus sativus merupakan jenis tanaman berumbi yang mempunyai multi fungsi karena memiliki kandungan gizi yang begitu banyak.

Umbi lobak biasanya digunakan sebagai bahan pelengkap soto ataupun bisa dikonsumsi secara langsung. Dalam dunia medis, umbi lobak dipercaya mampu menurunkan demam, meredakan batuk ataupun beberapa hal yang dikaitkan dengan gangguan fungsi ginjal (termasuk batu ginjal).

4. Diet Tepat untuk Atasi Batu Ginjal
Masalah batu ginjal juga dapat diatasi dengan diet yang tepat. Kurangi konsumsi sayuran berdaun hijau dalam tahap pengobatan batu ginjal, Kurangi konsumsi pruduk makakanan dari produk susu dan beberapa jenis makanan yang mengandung tinggi kalsium.

5. Seledri untuk Batu Ginjal

Seledri dalam bentuk sayur maupun biji seledri adalah diuretik dan tonik ginjal yang sangat baik. Untuk atasi batu ginjla, kita bisa manfaatkan benih seledri baik sebagai bumbu masakan atau sebagai minuman teh yang bertujuan untuk  mencegah pembentukan batu ginjal.

Selain itu, cobalah kurangi asupan daging, ikan dan daging unggas karena mereka bisa menyebabkan peningkatan asam urat yang membentuk batu dalam ginjal anda.

Makanan yang dianjurkan adalah makan lebih banyak serat, sayuran, sereal dan protein nabati.
Batu Ginjal merupakan penyakit yang berkaitan dengan gangguan ginjal akibat akumulasi beberapa zat yang dapat menghambat ekskresi urin dari ginjal.

Beberapa bentuk pengobatan untuk batu ginjal diantaranya adalah dengan beberapa pengobatan rumah. Dan semoga 5 Obat Pilihan untuk Atasi Batu Ginjal diatas bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan kesehatan pada ginjal anda.