Penyebab Benjolan Di Kelopak Mata

Penyebab Benjolan Di Kelopak MataAda beberapa penyebab yang menyebabkan benjolan kelopak mata. Jika infeksi mata tidak ditangani dengan baik, bisa menyebar keseluruh kelopak mata.

Dengan demikian memahami lebih lanjut tentang penyebab, gejala dan pengobatan untuk kondisi benjolan di kelopak mata ini merupakan hal yang sedikit perlu untuk diketahui.

Kelopak mata sebagai pelindungi mata kita dari berbagai zat atau benda yang hendak masuk dimata kita. Kelopak mata salah satu bagian yang paling halus dari tubuh manusia. Kelopak mata merupakan lapisan kulit tipis yang terdiri dari lapisan berbagai kelenjar penting yang melindungi dan melumasi mata.

Karena strukturnya yang kompleks, kelopak mata sering terserang oleh infeksi yang berhubungan dengan kelenjar ini. Hal ini menyebabkan pembetukan struktur jerawat seperti yang biasa muncul di kelopak mata.

Sebuah benjolan kelopak mata (karena tembel a) sebagian besar menghilang dengan sendirinya. Namun, mereka memiliki kecenderungan untuk kambuh. Ketika infeksi (dalam beberapa kasus) menyebar ke bagian lain dari kelopak mata, kondisi ini disebut selulitis kelopak mata.

5 Penyebab Benjolan Di Kelopak Mata

Tembel mata merupakan alasan utama seseorang menderita benjolan pada kelopak mata. Sebuah tembel mata mengarah ke pembengkakan dan kemerahan pada kelopak mata, yang sering mengganggu mata. Hal ini sebenarnya merupakan peradangan pada kelenjar sebaceous, yang hadir pada kelopak mata.

Kutil dan beberapa jenis infeksi virus juga dapat menyebabkan benjolan pada mata. Selain itu, keratosis pada kelopak mata juga dapat membentuk benjolan jinak. Benjolan ini, umumnya terdiri dari kelebihan keratin, atau protein.

Ada banyak kondisi medis lain yang dapat menyebabkan benjolan pada kelopak mata, termasuk diantaranya adalah dermatitis kelopak mata, edema kelopak mata, milia, jerawat di kelopak mata, dll.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang menderita benjolan kecil di kelopak mata. Namun seorang medis akan lebih mudah mengidentifikasi penyebab benjolan yang terjadi dengan mellihat warna dan lokasi benjolan.
Berbagai kondisi medis yang bisa menyebabkan benjolan pada kelopak mata, beberapa diantaranya adalah:

1. Kista meibom (chalazion)

Kista meibom atau yang biasa disebut dengan Chalazion disebabkan oleh penyumbatan kelenjar meibom oleh sebum. Lokasi Chalazion bisa di mana saja, dari dalam mata ke kelopak mata. Terlepas dari benjolan merah, gejala lain dari Chalazion termasuk nyeri, gatal, dan bengkak kelopak mata.

2. Xanthelasma

Xanthelasma adalah gangguan kulit yang dapat dikenali dengan perkembangan beberapa node kuning abnormal pada permukaan kelopak mata. Benjolan ini terutama diamati pada orang tua.

Hal ini sering dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi dan penyimpangan metabolisme. Benjolan tidak berbahaya dan dapat dihilangkan dengan operasi ringan.

3. Infeksi mata

Infeksi mata yang biasa disebut dengan tembel mata ini umumnya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus yang hadir di dalam kelopak mata.

Pertumbuhan berlebih dari bakteri ini menyebabkan infeksi pada kelenjar penghasil minyak di kelopak mata. Infeksi tersebut akhirnya mengarah pada pembengkakan dan kemerahan pada permukaan kelopak mata.

4. Kista kelopak mata

Ada beberapa jenis kista yang dapat menyebabkan benjolan pada kelopak mata. Paling umum di antara mereka adalah inklusi epidermal kista dan kelenjar keringat kista. Kedua kista ini sebenarnya menyakitkan dan menyebabkan benjolan kulit berwarna di kelopak mata. Sebagian besar waktu, benjolan tersebut tidak memiliki potensi untuk berubah menjadi ganas.

Namun, karena penampilan mereka, mereka tidak dapat dengan mudah dibedakan dari karsinoma sel basal (sejenis tumor ganas). Akibatnya, mereka harus diperiksa dengan teliti dan dihapus jika perlu, sebagai langkah pencegahan.

5. Nevus Kelopak Mata

Ada dua jenis Nevi yang menyebabkan benjolan pada kelopak mata; nevus berpigmen dan nevus intradermal. Di antara keduanya, nevus yang berpigmen selalu pada risiko berubah menjadi tumor ganas.

Nevus yang berpigmen adalah benjolan berwarna gelap, yang sering tanpa gejala. Para Nevi intradermal adalah kulit berwarna yang dapat menyakitkan, di kali. Setiap perubahan dalam penampilan Nevi ini bisa menjadi tanda utama dari karsinoma sel basal.

Jadi, jangan remehkan setiap ada benjolan dikelopak mata, perhatikan dengan seksama warna benjolan yang muncul , jika warna benjolan kelopak mata anda terlihat berwarna gelap sebaiknya segera periksakan kindisi ini pada dokter terdekat anda.