Benjolan Kecil Mirip Jerawat Pada Vagina

Benjolan Kecil Mirip Jerawat Pada VaginaJerawat adalah masalah kulit yang bisa tumbuh dimana saja termasuk pada wilayah intim wanita. Jerawat yang tumbuh di area genital ini merupakan jerawat papula yang berupa lesi abnormal.

Lesi jerawat pada vagina biasanya disebabkan karena penyakit menular seksual meskipun masih banyak kemungkinan penyebab lain tumbuhnya jerawat pada vagina.

Selain PMS, benjolan pada vagina ini bisa juga disebabkan oleh kista, infeksi ringan pada folikel rambut atau perubahan normal kulit.

Dan pada pembahasan kali ini kita akan melihat beberapa penyebab paling umum dari benjolan yang terkadang menyerupai jerawat vagina.

Kista

Secara umum, kista dapat tumbuh dibagian manapun pada tubuh. Mereka terbentuk ketika terjadi penyumbatan pada kelenjar di bawah kulit. Kista inipun terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan lokasi pertumbuhan mereka.
Kista dapat membesar ketika mereka dipenuhi cairan baik berwarna kuning maupun bening dan biasanya menyakitkan ketika disentuh atau diraba.

Infeksi bakteri

Seperti kita tahu bahwa kista maupun folikel rambut dapat terinfeksi oleh bakteri. Folikulitis ini biasanya terjadi karena iritasi pada kulit genital setelah mencukur rambut kemaluan.

Infeksi virus

Beberapa infeksi virus dapat menyebabkan benjolan berwarna putih di daerah genital. Hal ini umumnya bisa tertular melalui hubungan seksual tanpa pelindung.

Human Papilloma Virus (HPV) adalah virus yang bertanggung jawab untuk kutil kelamin. Strain virus tertentu dapat menyebabkan kanker serviks, tetapi ini berbeda dari yang menyebabkan kutil kelamin. Kutil kelamin berpenampilan mirip kembang kol baik pada satu atau beberapa lesi.

Seperti halnya dengan kutil, Moluskum kontagiosum dapat terjadi di manapun pada tubuh dan menyebar melalui kontak langsung. Moluskum kontagiosum dapat menimbulkan benjolan pada permukaan kulit.

Mereka dapat menyebar untuk menutupi area yang luas kulit dan biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu beberapa bulan sampai satu tahun.

Herpes Simplex Virus (HSV) adalah salah satu jenis virus yang bertanggung jawab untuk herpes mulut genital. Ketika virus ini mempengaruhi kulit dapat menyebabkan lepuhan yang kemudian pecah dalam beberapa hari untuk membuat ulkus yang menyakitkan.

Herpes dapat menyebar melalui kontak kulit langsung ke kulit. Ada beberapa obat yang baik dapat mencegah bentuk pelarian kulit yang terjadi atau mengurangi jumlah hari tongkat sekitar, tetapi tidak ada obat untuk virus.

Kanker

Ada lesi prakanker yang disebut neoplasia intraepithelial vulva yang dapat hadir sebagai benjolan tunggal di daerah genital. Lesi prakanker ini biasanya terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, tapi pada kasus yang jarang dapat terjadi pada individu yang lebih muda. Hal ini dapat berkembang menjadi kanker dan harus dievaluasi oleh seorang profesional kesehatan.