Hubungan Antara Depresi Dengan Defisiensi Magnesium

Hubungan Antara Depresi Dengan Defisiensi MagnesiumTahukah anda bahwa depresi, kecemasan, sering pelupa dan kelelahan adalah gejala kekurangan magnesium.

Magnesium adalah salah satu dari empat ion utama dalam tubuh manusia. Magnesium bersama dengan natrium, kalium dan kalsium kerja untuk mengatur ratusan fungsi tubuh. Magnesium sendiri merupakan elemen kunci dalam lebih dari 300 reaksi biokimia yang terjadi dalam tubuh kita.

Dengan kata lain bahwa magnesium sangat penting artinya dalam kesehatan kita. Kurangnya mineral ini diyakini menjadi faktor dalam kerusakan neurotransmitter yang mengarah ke depresi dan gangguan bipolar.

Bagaimana magnesium bisa mengobati depresi?

Salah satu dari banyak reaksi kimia dalam tubuh anda adalah pelepasan serotonin. Serotonin bertindak sebagai neurotransmitter dengan menyampaikan pesan dari satu bagian otak yang lain.

Dari sekitar 40 juta sel otak, sebagian besar dipengaruhi oleh serotonin baik secara langsung maupun tidak langsung. Ini termasuk sel-sel otak yang berhubungan dengan suasana hati, depresi, hasrat seksual dan fungsi, tidur, memori, nafsu makan dan beberapa perilaku sosial.

Serotonin sendiri sangat bergantung pada magnesium. serotonin yang dibutuhkan untuk reaksi biokimia yang merupakan otak alami tidak dapat berfungsi dengan baik jika tubuh kekurangan magnesium. Jadi untuk mengontrol depresi diperlukan kadar magnesium tubuh yang cukup.

Serotonin dan hasrat seksual

Hasrat seksual membuat hidup lebih layak dan bernilai. Sementara hasrat seksual ini bisa mengalami penurunan yang dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, termasuk ketika sering mengkonsumsi obat anti depresan.

Kebanyakan obat anti-depresan difokuskan pada peningkatan kadar serotonin yang dilepaskan oleh otak. Peningkatan kadar serotonin di otak akan menurunkan gairah seks. Sebaliknya, tingkat yang sangat rendah dari serotonin di otak akan meningkatkan kenikmatan saat berintim.

Lalu bagaimana untuk meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh kita?

Cara untuk meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh kita dapat ditempuh dengan dua cara yakni dengan mengatur diet yang tepat serta mengambil suplemen magnesium harian.

Dokter sering merekomendasikan suplemen harian karena kebanyakan pasien tidak berhasil mendapatkan 400 mg magnesium yang dibutuhkan setiap hari jika hanya mengandalkan diet saja.

Jadi salah satu cara mengobati depresi yaitu dengan mencukupi kebutuhan magnesium tubuh, demikian pula halnya dengan masalah gangguan memori dan mental lainnya.