12 Makanan Diuretik Atasi Hipertensi Dan Turunkan Berat Badan

12 Makanan Diuretik Atasi Hipertensi Dan Turunkan Berat BadanMakanan diuretik adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi hipertensi dan retensi air.
Pengertian diuretik sendiri menurut kamus medis adalah makanan yag memiliki sifat membantu dalam memperlancar ginjal dalam mengsekresikan urin sehingga hal ini sangat baik dalam menjaga kesehatan ginjal, serta sistem organ secara keseluruhan.

Perlu diketahui pula bahwa makanan yang bersifat diuretik ini biasanya juga menjadi pilihan diet bagi mereka yang memprogramkan diet menurunkan berat badan akibat akumulasi cairan yang berlebihan dalam tubuh.

Di bawah ini adalah beberapa makanan diuretik alami yang paling efektif yang dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kelebihan berat badan akibat akumulasi cairan dibawah kulit (retensi air).

1. Lemon

Lemon memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung dan digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu dalam menyembuhkan infeksi saluran kemih.

2. Seledri

Seledri merupakan makanan bergizi yang mengandung banyak cairan sehingga hal ini dapat membantu dalam menghidrasi seluruh sistem tubuh anda.

3. Jahe

Jahe memiliki beberapa manfaat kesehatan termasuk dalam membantu mendetoksifikasi tubuh dan membantu dalam membilas kelebihan cairan tubuh.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki beberapa manfaat kesehatan dan termasuk diantaranya adalah membantu membersihkan sistem kemih, membantu dalam meningkatkan proses pencernaan.

5. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang sangat bermanfaat yang berfungsi sebagai diuretik. Para peneliti telah membuktikan efektivitas kubis dalam mencegah pertumbuhan kanker, mencegah terjadinya penyakit jantung.

6. Terong

Terong merupakan makanan diuretik yang membantu dalam mengurangi kelebihan cairan yang terperangkap dalam tubuh, sehingga dengan alasan inilah mengapa sebahagian orang sering mengkonsumsi jus terong sebagai obat penurunan berat badan.

7. Peterseli

Peterseli memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Peterseli salah satu makanana diuretik yang sangat baik serta mengandung antioksidan.

8. Tomat

Tomat bertindak sebagai diuretik bila diambil dalam bentuk mentah. Jadi anda dapat membuat salad dari tomat atau meminumnya dalan bentuk jus .

Selain itu, tomat sangat kaya akan lycopene, suatu bentuk antioksidan yang membantu dalam mencegah kanker serta penyakit jantung.

9. Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang sangat baik dalam menghidrasi tubuh serta membantu dalam detoksifikasi sistem organ tubuh.

Manfaat mentimun lainnya yaitu membantu dalam meningkatkan fungsi sistem kemih, membantu tubuh dalam memerangi diabetes, membantu dalam manajemen berat badan yang lebih baik.

Manfaat yang tidak kalah penting lainnya dari mentimun adalah mentimun diperkaya dengan antioksidan sehingga dengan demikian dapat membantu dalam mencegah kanker.

10. Semangka

Semangka adalah buah yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan dan termasuk sebagai buah yang bertindak diuretik dan membantu tubuh dalam menghilangkan garam dan cairan berlebih dalam tubuh. Namun sayangnya semangka ini dapat meningkatkan kadar gula jika dikonsumsi secara berlebihan.

11. Wortel

Semua orang pasti telah tahu bahwa wortel sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya penglihatan. Tapi selain itu, wortel juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya dan juga menjadi bagian dari makanan yang bisa berfungsi sebagai diuretik.

12. Bawang Putih
Bawang putih merupakan agen detoksifikasi yang sangat baik dan mereka juga berfungsi sebagai diuretik yang efektif.

jadi jika ada bermasalah dengan kelebihan berat badan akibat retensi cairan dalam tubuh atau sering mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi) maka anda bisa mempertimbangkan makanan yang bersifat diuretik diatas dalam diet anda.