Pengobatan Alami Endometriosis Yang Paling Efektif

Pengobatan Alami EndometriosisEndometriosis adalah gangguan pada rahim yang bisa meibatkan melibatkan ovarium, usus atau jaringan yang melapisi pelvis. Dan pada kasus yang langka dapat menyebar di luar daerah pinggul.

Gejala utama dari endometriosis sendiri seperti nyeri panggul, periode haid yang menyakitkan (dismenore). Nyeri panggul dan kram dapat dimulai sebelum dan berlanjut beberapa hari selama haid bahkan mungkin penderitanya bisa merasakan nyeri punggung bawah dan nyeri perut.

Nyeri saat hubungan intim, nyeri selama berhubungan intim atau setelah berhubungan intim umum dengan endometriosis.
Nyeri dengan buang air besar atau buang air kecil juga dapat dikaitkan dengan endometriosis jika nyeri ini hadir disaat anda dalam masa haid.

Perdarahan yang berlebihan saat haid atau terjadi perdarahan antara periode (menometrorrhagia) juga merupakan bagian dari Endometriosis.

Endometriosis pada intinya dapat menyebabkan ketidak nyamanan dan dapat mempengaruhi tingkat kasuburan wanita. Tapi untungnya, pengobatan Endometriosis sudah tersedia saat ini, bahkan dengan pengobatan cara alami.

Mengurangi tingkat estrogen

Kelebihan produksi estrogen dapat menyebabkan peningkatan rasa nyeri bahkan perdarahan. Selain dengan mengurangi tingkat estrogen, mengurangi kelebihan berat badan bisa mencegah diri dari kondisi endometriosis.

Beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi estrogen yang berlebihan seperti buncis, wortel, seledri, mentimun, adas, gandum, pepaya, kentang, kacang-kacangan dan ubi jalar perlu anda batasi selama anda ingin mengurangi tingkat estrogen yang berlebihan.

Mengurangi Stres

Meningkatnya stres ataupun mengalami stres berhari-hari sering dikaitkan juga dengan endometriosis. Oleh karena itu anda perlu mengelola stres anda dengan melakukan kegiatan fisik dan hal-hal lain yang dapat membuat anda rileks, santai dan nyaman.

Tingkatkan asupan Omega-3

Dalam rangkan meningkatkan asupan Omega-3, anda perlu mengkonsumsi makanan hasil olahan kedelai seperti tahu, tempe serta beberapa jenis ikan yang diperkaya dengan asam lemak omega 3. Dengan meningkatkan konsumsi asam lemak omega 3 dipercaya dapat menhindarkan diri dari masalah endometriosis.

Kunyit

Kunyit merupakan tumbuhan herbal yang bersifat anti inflamasi sehingga menambahkan kunyit dalam makanan dapat mengurangi gejala endometriosis yang timbul.